Gunungan tradisi sedekah bumi di Desa Jimbaran, Kec. kayen, Kab. Pati ramai diperebutkan warga..
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Tradisi Sedekah Bumi di Pati, 2 Gunungan Jadi Rebutan Warga

Sabtu, 18 Juni 2022 - 16:32 WIB

Pati, Jawa Tengah - Ratusan warga saling dorong berebut gunungan yang berisi hasil bumi dan buah-buahan pada tradisi sedekah bumi di Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.  

Sebelum menjadi rebutan warga, 2 gunungan hasil bumi dan buah-buahan tersebut diarak keliling desa, yaitu dari depan balai desa dan berakhir di Sendang Sumber Dodo yang merupakan sumber mata air untuk irigasi sawah. 

Setelah diarak berkeliling desa sejauh 5 kilometer, gunungan tiba di Sendang Dodo tempat  ratusan warga dari Desa Jimbaran dan desa-desa sekitar telah berkumpul sejak pagi hari. 

Setelah didoakan oleh tokoh agama desa setempat, tanpa dikomando ratusan warga langsung merangsek maju berebut isi gunungan. Tak hanya orang dewasa, anak anak pun turut memperebutkan isi gunungan tersebut. Dalam waktu kurang dari 10 menit, 2 gunungan berisi hasil bumi, sayuran, dan buah-buahan tersebut ludes diserbu warga. 

Salah seorang warga, Siti Aminah mengaku senang bisa mengikuti acara sedekah bumi dan mendapatkan hasil bumi yang diperebutkan, meski harus rela berdesak-desakan.

“Senang bisa ikut sedekah bumi. Sudah 2 tahun nggak ada acara kayak gini karena pandemi. Tadi, saya cuma dapat terong, Lombok, dan jagung. Nanti, saya bawa pulang dan dimasak biar berkah,” ucap Siti Aminah, Sabtu (18/6/2022). 

Menurut Kepala Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Sulistyo Agung, sudah dua tahun acara tradisi sedekah bumi berhenti karena pandemi Covid-19 dan hanya dilaksanakan secara sederhana.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:17
01:21
01:11
02:02
02:06
01:46
Viral