Kasatlantas Polres Boyolali, AKP M. Herdi Pratama..
Sumber :
  • Tim tvOne - Agus Saptono

Satlantas Boyolali Kembali Berlakukan Tilang Manual Mulai Akhir Januari 2023

Rabu, 18 Januari 2023 - 00:06 WIB

Boyolali, Jawa Tengah - Satlantas Polres Boyolali, Jawa Tengah akan memberlakukan kembali sistem tilang secara manual mulai akhir Januari 2023. Tilang manual diklaim lebih efektif untuk menindak para pelanggar lalulintas.

Kasatlantas Polres Boyolali, AKP M. Herdi Pratama mengatakan, diberlakukannya kembali tilang manual menindaklanjuti perintah Dirlantas. Pihaknya pun menghimbau kepada masyarakat untuk selalu tertib dalam berlalulintas.

"Terkait tilang manual, jadi ini sudah menjadi perintah dari bapak Dirlantas sendiri, menyampaikan kepada seluruh kasatlantas di jajaran Polda Jawa Tengah," ujarnya, Selasa (17/1/2023).

Menurutnya, tilang manual diberlakukan sebagai bentuk respon atas keinginan dari masyarakat. Hal ini karena tingginya angka kecelakaan lalulintas serta semakin menurunnya kepatuhan pengendara dalam berlalulintas.

"Sebenarnya tilang elektronik sudah dijalankan, termasuk tilang menggunakan drone. Namun dikarenakan dari masyarakat ingin meminta kembali tilang manual dilakukan, karena dilihat angka kecelakaan lumayan tinggi, kemudian angka kepatuhan masyarakat menjadi menurun terutama kepatuhan menggunakan septy pribadi seperti bel, pakai helm, dan lain sebagainya," ungkapan Herdi.

Kemudian, lanjut Herdi, pelanggaran kasat mata lainnya yang menggangu ketertiban masyarakat seperti misalnya knalpot brong yang jika ditilang melalui elektronik kurang maksimal. Sehingga penting memadukan antara tilang elektronik dan tilang manual.

Rencananya, tilang manual akan resmi diberlakukan pada akhir Januari 2023. Saat ini Satlantas masih sosialisasi kepada masyarakat.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
02:28
01:48
Viral