Tanggul embung di Desa Beketel, Kecamatan Kayen, Pati, Jawa Tengah, yang terputus akibat longsor..
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Tanggul Embung Terpus di Pati Longsor, Warga Resah Banjir Bandang Ancam 4 Desa

Jumat, 27 Januari 2023 - 23:12 WIB

Pati, Jawa Tengah - Curah hujan yang tinggi diKabupaten Pati, Jawa Tengah sejak awal Januari, tidak hanya mengakibatkan banjir di beberapa wilayah. Curah hujan yang tinggi juga menyebabkan jalan longsor dan tanah bergerak.

Salah satunya yang terdampak adalah embung atau Dam Terpus di Desa Beketel, Kecamatan Kayen, Pati, yang berada di kawasan Pegunungan Kendeng Utara.

Air yang semakin tinggi di embung atau waduk kecil yang dibangun pada tahun 1982 tersebut, membuat tanggul Embung Terpus longsor sepanjang lima meter.

Air yang seharusnnya keluar lewat saluran air, kini merembes keluar jalur. Kondisi ini membahayakan keberadaan desa yang berada di bawah lokasi Embung Terpus.

Ada enam Desa di Kecamatan Kayen yang terancam banjir bandang jika Embung Terpus tersebut jebol karena longsoran tanah semakin melebar.

Desa tersebut, yaitu Sumbersari, Beketel, Slungkep, Srikaton, Kayen dan Trimulyo. Kondisi ini membuat resah warga yang bermukim dibawah embung terpus.

Salah satu warga Desa Slungkep, Krisno, mengaku khawatir jika longsornya tanggul saluran air embung terpus semakin melebar dan jebol jika tidak segera diperbaiki.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral