Pasar Sokaraja, salah satu titik operasi pasar beras di Kabupaten Banyumas..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sonik Jatmiko

Masuk Masa Paceklik, Pemkab Banyumas Gelar Operasi Pasar Beras

Senin, 30 Januari 2023 - 22:19 WIB

Banyumas, Jawa Tengah - Hingga akhir Februari atau awal Maret tahun ini, Kabupaten Banyumas dilanda paceklik. Pemkab Banyumas melakukan antisipasi kenaikan harga bahan pokok beras dengan menggelar Operasi Pasar (OP).

"Musim paceklik di Banyumas ini berakhir pada akhir Februari atau awal Maret oleh sebab itu pemerintah harus turun tangan dan mengendalikannya," ujar Bupati Banyumas, Achmad Husein, Senin (30/1/2023).

Operasi pasar dilakukan untuk menekan kenaikan harga beras, mengingat ini merupakan komoditas pokok. Jika tidak ada langkah intervensi, bisa menimbulkan gejolak harga.

Data dari  Asosiasi Pedagang Beras (APB) Banyumas menyebut, rata-rata harga gabah dari petani saat ini sebesar Rp 6.500 per kg. Setelah digiling, di pasaran harga mencapai Rp 11 ribu per kg untuk jenis IR 64 Premium.

Dari pemantauan, harga beras melonjak sangat tinggi sejak bulan lalu. OP merupakan tindak lanjut dalam upaya pengendalian inflasi

Selain OP, pengendalian harga beras ini sudah dilakukan dengan memberikan subsidi trasportasi pada beras IR premium dan  pengawasan pada beras bulog. Mekanisme pengawasan juga dilakukan agar OP tidak ada penyelewengan.

"Harga beras bulog medium di harga Rp 9.000, bulog premium Rp 12.000 dan IR premium Rp 11.500. Jika nanti ditemukan harga di atas yang sudah ditentukan maka akan dikenakan peringatan 1,2,3 dan terakhir adalah pencabutan izin," jelas Husein.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral