Dinkes Tulungagung Temukan Zat Berbahaya saat Periksa Takjil.
Sumber :
  • tim tvone - aris sutikno

Waspada, Dinkes Tulungagung Temukan Zat Berbahaya saat Periksa Makanan dan Minuman Takjil

Sabtu, 25 Maret 2023 - 14:27 WIB

Tulungagung, tvOnenews.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung menemukan kandungan zat berbahaya saat melakukan pemeriksaan makanan dan minuman, yang biasa dijual oleh penjual takjil musiman. 

Dalam pemeriksaan ini mereka menemukan sejumlah makanan dan minuman yang mengandung zat Rhodamin B. Zat pewarna tekstil ini sangat berbahaya jika masuk ke dalam tubuh manusia. 

Menurut Masduki, Kasi Kefarmasian Dinkes Tulungagung, pemeriksaan ini dilakukan sebagai upaya perlindungan kesehatan masyarakat. Karena setiap bulan Ramadhan ini banyak pedagang musiman yang menjual takjil untuk menu berbuka puasa.

"Pemeriksaan untuk menguji produk-produk makanan dan minuman apakah benar aman dikonsumsi oleh masyarakat selama Ramadhan karena tingkat konsumtif relatif tinggi dibandingkan hari biasa," ujarnya.

Petugas mengambil sampel makanan dan minuman di 12 tempat yang berbeda. Total terdapat 42 sampel makanan dan minuman yang terkumpul.

Petugas memeriksa satu-persatu kandungan zat dalam sampel tersebut, hasilnya terdapat dua jenis makanan, yakni kerupuk ketela dan minuman es buah yang mengandung zat Rhodamin B. Zat ini biasa digunakan sebagai pewarna dalam industri tekstil dan berbahaya jika masuk ke dalam tubuh. 

Karena akan berefek pada kesehatan masyarakat, meski tidak terlihat secara langsung tapi sangat berpengaruh jangka panjang dan ini zat yang berbahaya. Sehingga petugas akan mendatangi penjual untuk mengetahui asal makanan dan minuman tersebut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral