Gunung Semeru muntahkan guguran vava sejauh 2000 meter.
Sumber :
  • tim tvone - wawan sugiarto

Kembali Erupsi, Gunung Semeru Muntahkan Guguran Lava Sejauh 2000 Meter ke Arah Curah Kobokan

Rabu, 19 April 2023 - 13:42 WIB

Lumajang, tvOnenews.com – Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, hingga saat ini masih berstatus siaga atau level 3, kembali terpantau mengalami erupsi dengan memuntahkan guguran lava, Rabu (19/4). 

Sesuai laporan petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Semeru, tercatat guguran lava Gunung Semeru terjadi sekitar pukul 07.10 WIB, dengan durasi selama 110 detik, mengarah ke sisi tenggara bukaan kawah atau Besuk Kobokan.

“Guguran terjadi dengan amplitudo maksimal 3 hingga 4 milimeter, jarak luncur kurang lebih 2000 meter dan durasi selama 110 detik,” kata Sigit Rian Alfian, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (19/4). 

Terpisah, Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang Wawan Hadi Siswoyo mengingatkan warga, agar selalu waspada dan berhati-hati terhadap kemungkinan terjadinya Awan Panas Guguran (APG) yang sewaktu-waktu terjadi.

"Meskipun jarak luncur masih jauh dari pemukiman warga dan tidak ada dampak yang ditimbulkan, warga tetap kami imbau agar selalu tenang dan tidak panik," kata Wawan kepada tvOnenews.com.

“Sesuai laporan dari pos PPGA Semeru, saat ini secara visual teramati adanya tumpukan material lava baru membentuk lidah lava di sepanjang kawah yang mengarah ke Besuk Kobokan dengan jarak kurang lebih 2000 meter dari kawah,” sambungnya. 

“Hal ini perlu menjadi perhatian bagi masyarakat yang beraktivitas di sepanjang DAS (Daerah Aliran Sungai), diantaranya Besuk Kobokan, Besuk Kembar dan Besuk Bang, karena potensi APG sewaktu-waktu dapat terjadi,” imbuhnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:03
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
Viral