Inovasi kulit singkong dijadikan bahan untuk kesehatan di Unzah Genggong Probolinggo raih perhargaan di Negara Irlandia.
Sumber :
  • tvOne - m syahwan

Sulap Limbah Kulit Singkong Jadi Bahan Perawatan Wajah, Mahasiswa Unzah Genggong Raih Perhargaan di Irlandia

Senin, 29 Mei 2023 - 14:14 WIB

Probolinggo, tvOnenews.com - Sebuah inovasi memanfaatkan kulit singkong menjadi bahan perawatan wajah berhasil diciptakan oleh mahasiswa Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong, Probolinggo, dan mampu meraih medali silver dalam Kompetisi Internasional Invention di Irlandia.

Wildatul Maghfiroh, Mahasiswi Unzah Genggong menyampaikan, berkat bimbingan Rektor dan Pengasuh Ponpes Zainul Hasan Genggong akhirnya tim yang terdiri 4 orang ini berhasil meraih juara di kompetisi di Life Science Category Universty Level, Senin (29/5).

"Kami mengikuti kompetisi berlaga internasional, bersaing dengan 319 tim dari 15 negara. Alhamdulillah, perwakilan Unzah mendapatkan silver medal," jelasnya.

Adapun inovasi andalan dari Mahasiswa Unzah adalah memanfaatkan limbah kulit singkong yang terbuang disulap menjadi produk untuk kesehatan dan perawatan wajah. 

"Kulit singkong mudah dijumpai di daerah pedesaan dan ramah lingkungan, padahal bahan yang dipandang tidak berguna ini banyak memiliki manfaat bila diolah dengan baik," tambahnya.

Menurut Wildatul, pada umumnya proses mengelolah kulit singkong tergolong cukup muda yang dapat berfungsi sebagai bahan alternatif ramah lingkungan.

"Kulit singkong lebih dahulu dibersihkan dan kemudian dihaluskan dengan sistem blander. Setelah berupa bubuk singkong yang sudah halus dilakukan fragmentasi dengan diberi campuran bahan alami non kimia. Kemudian agar lebih menarik, produk ini dikemas kedalam cup kecil dan plastik pembungkus," terangnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral