Abdul Wadud Burhan Abadi, Komisioner KPU Jombang.
Sumber :
  • tvOne - umar sanusi

KPU Jombang Tidak Akan Menghapus Data Pemilih Misterius, Ini Penjelasannya

Kamis, 15 Juni 2023 - 18:22 WIB

Jombang, tvOnenews.com - Munculnya data pemilih siluman sebanyak 165 nama temuan Bawaslu Jombang, juga membuat sibuk Dispendukcapil Jombang. Kamis siang (15/6) Kepala Dispendukcapil melakukan pengecekan kembali DP4 (Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu).

Pengecekan di sejumlah desa tidak ditemukan nama tanpa alamat lengkap RT/RW. Namun pada akhirnya juga mendapati satu nama di Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Jombang, alamat RT/RWnya garis datar alias tidak ada.

Atas temuan ini Masduki Zakaria, Kepala Dispendukcapil mengatakan, terjadinya kekosongan alamat RT/RW dimungkinkan terjadi kesalahan penulisan atau karena nama bersangkutan tinggal di perumahan atau lokasi yang belum ada RT/RWnya.

"Jadi untuk RT/RW nya kadang nol-nol, kadang NIK nya nol-nol itu kemungkinan besar ada kesalahan dalam proses penulisan.  Memang RT/RW ada beberapa persoalan dengan perumahan baru yang memang RT/RWnya belum terbentuk sehingga masih ditulis nol-nol termasuk nomor rumah," ungkap Masduki, Kamis (15/6).

Sementara Abdul Wadud Burhan Abadi, Ketua Divisi Data dan Perencanaan KPU Jombang mengatakan, data pemilih yang beralamat RT/RW nol/nol memang ada. Namun karena data tersebut berasal dari DP4 maka tidak diubah. 

"Yang jelas semuanya bersumber dari DP4 kita. Kenapa bisa ada angka nol-nol, saya tidak berkompeten untuk menjawab, karena memang data yang dsampaikan oleh KPURI bersumber dari DP4 dan seperti itu apa adanya," kata Burhan ditemui di kantornya Kamis siang.

Tapi, lanjutnya, setelah dikoordinasikan dengan Dispendukcapil memang dimungkinkan ada penulisan RT/RW nol/nol. Karena misalnya perumahan yang masih baru belum diketahui RT/RW nya maka ditulis nol-nol.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
02:37
01:03
01:46
07:04
05:04
Viral