Penampakan air sungai di Pamekasan berubah warna.
Sumber :
  • veros afif

Ini Tanggapan Pemerhati Lingkungan UIM Soal Air Sungai Pamekasan Tercemar Bahan Kimia Pewarna Batik

Rabu, 12 Juli 2023 - 16:33 WIB

Pamekasan, tvOnenews.com - Pencemaran air sungai hingga berubah warna menjadi merah pekat seperti darah di bantaran Sungai DAM Klampar Kecamatan Proppo hingga ke aliran sungai ke wilayah kota, mendapat tanggapan dari pemerhati lingkungan Universitas Islam Madura, Kabupaten Pamekasan, Rabu (12/7).

Pemerhati Lingkungan, Endang Tri Wahyurini saat mengecek di lapangan menyebut, kalau pencemaran yang merubah warna air menjadi merah pekat akibat bahan kimia itu, sangat berbahaya dan perlu tindakan dan penangan serius oleh pemerintah daerah.

"Pencemaran sir sungai ini jangan dianggap biasa, perlu tindakan serius. Karena efek dari pengaruh perubahan warna ini tidak bisa kita buat remeh, banyak masyarakat yang memanfaatkan aliran sungai untuk keperluan sehari-hari. Tentunya sangat bahaya apabila mereka mengonsumsi atau memanfaatkan untuk tanaman atau hewan ternak," ungkap Endang Tri Wahyurini, Pemerhati Lingkungan Universitas Islam Madura.

Pihaknya menilai, air yang mengalir dari DAM Klampar itu menjadi konsumsi masyarakat khususnya di bidang pertanian dan minum hewan ternak.

"Tidak mungkin masyarakat petani yang lahannya di bantaran sungai dialiri air dari DAM Klampar tidak mengonsumsi air tersebut untuk menyiram tembakau dan tanaman lainnya, pasti air itu yang akan dibuat uantuk menyiram tanamannya," pungkasnya.

Sementara Romli, warga sekitar menyebut, jika tidak menggunakan air dari aliran DAM Klampar, tidak ada air yang bisa dibuat untuk menyirami tanaman dan memberikan air minum ternaknya.

"Kami mau dapat air dari mana untuk menyirami tembakau dan hewan ternak kami pak, kalau bukan dari air yang mengalir dari DAM Klampar, karena itu air satu-satunya yang dipakai masyarakat," ucap Romli.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral