Tumpukan Sampah Ancam Biota Laut, Polisi dan Warga Gotong Royong Punguti Sampah di Pesisir Pantai Gresik.
Sumber :
  • tvOne - m habib

Tumpukan Sampah Ancam Biota Laut, Polisi dan Warga Gotong Royong Punguti Sampah di Pesisir Pantai Gresik

Kamis, 13 Juli 2023 - 18:04 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Keberadaan tumpukan sampah di pesisir perairan laut Gresik yang mengancam keberlangsungan kehidupan biota laut, membuat warga bersama anggota Polres Gresik dan pelajar terjun langsung untuk bergotong royong memunguti sampah, terutama sampah plastik yang tidak bisa terurai, Kamis (13/7).

Meskipun tangan kotor terkena lumpur laut, tidak membuat tekat mereka menyisir satu demi satu sampah yang menumpuk di pesisir pantai Lumpur Gresik dan membawanya ke truk sampah yang telah disediakan. Kegiatan membersihkan sampah di pesisir pantai Kelurahan Lumpur, Kecamatan Gresik Kota Kabupaten Gresik itu dimulai sejak pagi hingga siang hari.

Disela sela kegiatan, Wakapolres Gresik Kompol Erika Purwana Putra menyatakan, jika kegiatan gotong royong membersihkan sampah laut, sebagai wujud kepedulian Polri terhadap lingkungan. Disamping itu juga untuk edukasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, utamanya tidak membuangnya ke laut.

"Kegiatan membersihkan sampah ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia sebagai wujud kepedulian Polri terhadap lingkungan. Sekaligus dalam rangka peringatan HUT ke-77 Bhayangkara,” ujar Wakapolres.

Dikatakan Erika, puluhan personel Polri bersama anggota Pramuka, siswa SD (Sekolah Dasar) dan masyarakat Kelurahan Lumpur kompak melakukan bersih bersih sampah laut. Giat yang dipimpin langsung Wakapolres Kompol Erika Purwana Putra itu juga didampingi Kabag Ops Polres Gresik Kompol Andria D Putra dan PJU Polres Gresik.

Seakan tanpa mengenal kata lelah, dengan penuh semangat personel kepolisian bahu-membahu dengan warga masyarakat membersihkan sampah yang berserakan di muara pantai Kelurahan Lumpur. Mulai dari mengambil sampah yang mengapung di atas air lalu diangkat ke daratan, hingga mengeruk sampah diendapan lumpur.

"Kami juga mengedukasi adik-adik Pramuka dan anak sekolah dasar juga masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan,” tambah Kompol Erika.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:31
02:44
03:34
06:26
09:41
20:11
Viral