Perajin tempe di Sanan, Malang.
Sumber :
  • edi cahyono

Perajin Tempe Sanan Malang Kurangi Stok Produksinya Gegara Sulit Dapatkan Subsidi Elpiji 3 Kilogram

Rabu, 26 Juli 2023 - 19:01 WIB

Malang, tvOnenews.com  - Kelangkaan elpiji 3 kilogram di Malang raya juga berdampak di pelaku usaha (perajin) dan produksi tempe di kampung Sanan Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Hingga sampai hari ini, Rabu (26/7), para perajin tempe mengurangi tingkat produksi harian karena stok gas LPG 3 kilogram sulit dijangkau.

Mardiana, pelaku UMKM di Sanan mengungkapkan, dirinya merasa kesulitan mengakses gas LPG 3 kilogram sejak sebulan belakangan ini.

Dikatakan Mardiana, alih-alih menunggu stok gas yang tak menentu, dirinya memilih untuk mengurangi jumlah produksinya. Setiap hari ia harus membuat keripik lalu dipasok ke bebeberapa toko.

"Biasanya produksi 300 kilogram, sekarang menjadi 200 kilogram. Saya sampai suruh suami kalau keluar bawa tabung gas yang kosong. Jadi, jika sewaktu-waktu menemukan pedagang gas di pinggir jalan, bisa langsung beli," ujar Mardiana kepada awak media, Rabu (26/7).

Kalau pindah ke tabung gas berukuran 5,5 kilogram, Mardiana engan berpindah.

"Harga tabung gas ukuran 5,5 kilogram tersebut jauh lebih mahal. Tidak sebanding dengan ongkos operasional dan produksi," bebernya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral