77 Desa di Pamekasan Krisis Air Bersih Akibat Kekeringan.
Sumber :
  • tvOne - veros afif

Musim Kemarau Panjang, 77 Desa di Pamekasan Krisis Air Bersih Akibat Kekeringan

Rabu, 9 Agustus 2023 - 19:22 WIB

Pamekasan, tvOnenews.com - Dampak musim kemarau panjang kini sudah mulai dirasakan oleh warga di sejumlah daerah di tanah air, salah satunya di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa timur. Sebanyak tujuh puluh tujuh Desa yang tersebar di sebelas kecamatan mengalami kerisis air bersih.

Salah satunya ratusan masyarakat di Desa Pagagan, Kecamatan Pademawu, Pamekasan, kesulitan untuk mencari air bersih, lantaran sumber mata air di sekitar rumahnya mulai kering akibat kemarau.

Sambil membawa jeriken, warga Desa Pagagan berbondong-bondong berubatan air bersih saat truk tangki air milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan tiba menyuplai air bersih, Rabu (9/8).

Warga yang berebut air bersih untuk kebutuhan sehari-hari ini lantaran sudah dua minggu terakhir di wilayahnya krisis air, sehingga para warga membeli ke luar desa.

"Dengan adanya bantuan air bersih ini kami warga sangat terbantu dan bersyukur karena dalam keadaan sulitnya air bisa terbatu oleh pemerintah daerah," kata Yuliyan, warga Desa Pagagan.

Sementara itu, data dari BPBD Pamekasan di musim kemarau tahun 2023 kali ini sebanyak 77 Desa yang tersebar di sebelas kecamatan mengalami kekeringan kritis dan krisis air bersih.

"Dampak dari kemarau panjang tahun ini, kami BPBD Pamekasan mengerahkan 8 armada Truck tangki air bersih yang setiap harinya menyuplay air ke setiap desa yang terdampak krisis air," ungkap Akhmad Dofir Risidi, Sekertaris BPBD Pamekasan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:02
01:37
08:47
05:04
01:52
00:44
Viral