sidang korupsi dana hibah DPRD Jatim, Sahat Tua Simanjuntak dituntut total 18 tahun 6 bulan.
Sumber :
  • tim tvone - khumaidi

Sidang Korupsi Dana Hibah DPRD Jatim Pokir 39,5 Miliar Rupiah, Sahat Tua Simanjuntak Dituntut Total 18 Tahun 6 Bulan

Jumat, 8 September 2023 - 15:27 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.com - Sidang korupsi dana hibah pokir dengan terdakwa Sahat Tua Simanjuntak dan Rusdi, akhirnya sampai ke tahap pembacaan tuntutan oleh jaksa penuntut umum KPK. Dalam tuntutan jaksa, terdakwa Sahat dituntut 12 tahun penjara denda 1 miliar rupiah subsider 6 bulan. Selain itu, terdakwa juga dibebani membayar uang penganti 39,5 miliar rupiah. Bila tidak bisa bisa membayar, menjalani hukuman tambahan 6 tahun. Tidak hanya itu hak politik terdakwa juga dicabut selama 5 tahun.

Sidang pembacaan tuntutan dalam kasus korupsi dana hibah pokir DPRD Jatim, dengan terdakwa Sahat Tua Simanjuntak dan Rusdi, digelar di Pengadilan Tipikor Surabaya, Jumat (8/9) siang.

Sidang tuntutan digelar secara bergantian, dan terdakwa Rusdi mendapatkan giliran sidang pertama. Dalam tuntutan jaksa, terdakwa Rusdi dituntut 4 tahun penjara denda 200 juta rupiah subsider 6 bulan penjara.

Sementara itu, menurut jaksa KPK Arif Suhermanto, terdakwa dianggap terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan korupsi, melanggar pasal 12 huruf a, yakni sebagai penyelengara negara telah menerima hadiah atau janji yang telah merugikan negara 39,5 miliar rupiah.

"Ya Mas, atas tuntutan ini kedua terdakwa akan melakukan pembelaan pada persidangan berikutnya. Dalam sidang terdakwa Sahat tidak mengakui telah menerima ijon fee dana hibah pokir dari Kosim dan Abdul Hamid sebanyak 39,5 miliar rupiah, namun diakui hanya menerima 2,7 miliar," ucapnya.

Sementara itu, kuasa hukum terdakwa enggan berkomentar terkait tuntutan berat oleh jaksa KPK. Seperti diketahui Sahat Tua Simanjuntak yang waktu itu menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Jatim, ditangkap KPK dalam operasi tangkap tangan pada akhir tahun 2022 lalu, menerima ijon fee dana hibah pokir dari Abdul Hamid, melalui Rusdi dengan total ijon fee 2,7 miliar rupiah yang diberikan secara bertahap. (khu/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:38
16:19
04:46
01:55
02:26
02:13
Viral