Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Regional Jawa 2023.
Sumber :
  • tim tvone - zainal ashari

Halal Lifestyle Potensi Indonesia Rebut Pasar Ekonomi Halal Dunia melalui Fesyar Regional Jawa 2023

Senin, 2 Oktober 2023 - 13:19 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Perkembangan Ekonomi Syariah di dunia saat ini menjadi pusat perkembangan ekonomi global, dimana Brazil dan Australia menjadi negara yang menguasai pemotongan daging halal di dunia.

Kekuatan Ekonomi Syar'i justru berkembang di negara bukan mayoritas Islam, bahkan di Thailand saat ini Ekonomi Syariat berbasis Wisata Halal mulai berkembang pesat.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Jawa Timur berupaya melakukan Pemulihan Ekonomi syariah melalui halal lifestyle. Salah satu upaya memperkuat Ekonomi berbasis syariah melalui Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Regional Jawa 2023.

Doddy Zulverdi Kepala KPw BI Provinsi Jatim mengatakan, terdapat beberapa upaya penguatan sinergi dalam mendukung pengembangan ekonomi syariah di Jawa, yakni melalui penguatan rantai nilai produk halal.

Sinergi penguatan ekosistem rantai nilai produk halal di Jawa itu melalui sertifikasi halal, pengembangan Zona Kuliner Halal, Aman, dan Sehat (Khas) serta pengembangan Toko Bahan Baku (Tobaku) Halal,” ucapnya pada Minggu (1/10). 

Selain itu, juga dengan mendorong keterbukaan ekonomi melalui digitalisasi yang berfokus pada pengembangan fitur muslim-friendly tourism di dalam platform pemasaran digital, dan digitalisasi pembayaran zona KHAS se-Jawa.

Upaya selanjutnya yang dilakukan BI Jatim yakni dengan optimalisasi zakat, infaq dan wakaf untuk kesejahteraan umat.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral