Layanan Kesehatan Gratis di Ekspedisi Rupiah Berdaulat Jawa Timur.
Sumber :
  • tim tvone - tim tvone

Layanan Kesehatan Gratis di Ekspedisi Rupiah Berdaulat Jawa Timur 2023, Dokter : Didominasi Hipertensi

Kamis, 12 Oktober 2023 - 13:55 WIB

Sumenep, tvOnenews.com - Pantai Same, menjadi lokasi pendaratan tim Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023 Provinsi Jawa Timur di hari ke 5. Pantai ini terletak di Desa Tanjung Kiaok, Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep. 
 
Desa Tanjung Kiaok berada di Pulau Sepanjang bagian timur, satu pulau dari kepulauan Kangean. Desa ini menjadi lokasi ke 4 tujuan ERB Bank Indonesia.

Alunan musik dari marching band pemuda setempat, mengawal kedatangan tim pejuang rupiah dan personil TNI AL. Tim diarak menuju GOR Aburizal Udin, Desa Tanjung Kiaok, untuk memulai serangkaian kegiatan ERB.

Kegiatan dimulai dari sosialisasi Cinta, Bangga, Paham Rupiah, penukaran uang baru, Program Sosial Bank Indonesia, penyaluran 100 paket sembako dan layanan kesehatan gratis dari tim medis Koarmada II Surabaya.

Dari data Tim Medis ERB 2023 Provinsi Jawa Timur, ada 102 warga yang berobat di layanan kesehatan gratis di samping balai desa Tanjung Kiaok, yang didominasi warga lanjut usia (lansia). 

dr Purti Wulan Sari, Diskes Koarmada II Surabaya mengungkapkan, masyarakat di Tanjung Kiaok yang memeriksakan kondisi kesehatannya, rata-rata mengalami hipertensi (tekanan darah tinggi, red). 

Ia menjelaskan, banyak faktor yang bisa menjadi penyebab seseorang mengalami hipertensi, salah satunya pola makan yang tidak baik.

"Seperti konsumsi garam yang berlebihan, aktivitas fisik yang kurang, faktor berat badan seperti obesitas, atau penyakit penyerta seperti diabetes militus (gula darah)," ungkap dr Putri.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral