Polres Malang Gelar Pelatihan Penyelamatan Korban Bencana Alam.
Sumber :
  • tvOne - edy cahyono

Siaga Bencana, Polres Malang Gelar Pelatihan Penyelamatan Korban Bencana Alam

Sabtu, 11 November 2023 - 10:24 WIB

Malang, tvOnenews.com - Kepolisian Resor Malang, Polda Jatim, secara resmi menggelar pelatihan peningkatan kemampuan pertolongan dan penyelamatan pada korban bencana alam. Kegiatan ini dilaksanakan di kawasan Bendungan Sengguruh, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jumat (10/11).

Kegiatan yang dipimpin oleh Kepala Bagian Operasional (Kabagops) Polres Malang, Kompol M Bagus Kurniawan, diikuti oleh personel gabungan Polres Malang dan Polsek jajaran. Sebanyak 30 personel gabungan Satuan Samapta Polres Malang bersama perwakilan anggota Polsek jajaran Polres Malang turut serta dalam kegiatan ini.

Kasihumas Polres Malang, Iptu Ahmad Taufik, menjelaskan bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari upaya penanggulangan korban bencana alam. Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam memberikan Pertolongan Pertama Gawat Darurat pada korban bencana alam.

“Kami menggelar pelatihan sebagai langkah kesiapan personel, jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam. Karena topografi wilayah kabupaten Malang tergolong lengkap mulai dari gunung, laut, sungai, bukit, semua ada,” kata Iptu Taufik saat dikonfirmasi di Polres Malang, Jumat (10/11).

Kasihumas menambahkan, materi pelatihan mencakup beberapa aspek kunci, antara lain evakuasi air, pertolongan pertama gawat darurat (PPGD), shelter dan sanitasi, dapur umum, serta penanganan dan evakuasi korban bencana. Para peserta aktif terlibat dalam sesi-sesi simulasi untuk memastikan pemahaman yang baik tentang teknik-teknik penanganan bencana yang efektif.

Taufik menegaskan pentingnya pelatihan ini dalam menghadapi tantangan bencana alam yang dapat terjadi kapan saja. Kemampuan dalam memberikan pertolongan dan penyelamatan dinilai sangat krusial dalam situasi darurat.

"Kemampuan yang ditingkatkan melalui pelatihan ini diharapkan dapat menjadi modal berharga dalam menjalankan tugas kemanusiaan ketika masyarakat membutuhkan pertolongan dan bantuan," ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral