Indonesia segera kirimkan kapal bantu rumah sakit untuk korban agresi militer Israel.
Sumber :
  • tim tvone - zainal ashari

Indonesia Segera Kirimkan Kapal Bantu Rumah Sakit untuk Korban Agresi Militer Israel di Gaza

Senin, 13 November 2023 - 09:42 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Konflik yang terjadi di Palestina telah menarik perhatian dunia untuk mengirimkan dukungan dan bantuan. Indonesia sebagai salah satu negara yang mendukung penuh kemerdekaan Palestina. Indonesia melalui Kementerian Pertahanan akan mengirimkan kapal bantu rumah sakit milik TNI AL untuk diberangkatkan ke Palestina guna membantu korban keganasan agresi militer di jalur Gaza.

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, dalam pernyataannya telah mengusulkan untuk mengirimkan bantuan rumah sakit pendukung berupa kapal bantu rumah sakit.

“Indonesia memiliki sejumlah kapal bantu rumah sakit, beberapa diantaranya adalah buatan dalam negeri besutan PT PAL Indonesia, kita akan segera kirimkan ke Palestina,” ujar Menhan.

Saat ini, Indonesia telah memiliki 3 Kapal Rumah Sakit Indonesia yaitu KRI dr. Soeharso-990, KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991 dan KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992. Dua KRI dengan nomor lambung 991 dan 992 merupakan murni karya anak bangsa Indonesia mulai dari desain hingga produksinya dilakukan oleh PT PAL Indonesia.

Dukungan berupa Kapal Bantu Rumah Sakit (BRS) berupa fasilitas kesehatan, sangat dibutuhkan karena tenaga medis dan fasilitas kesehatan di Palestina juga telah luluh lantak akibat agresi militer yang dilakukan oleh Israel.

Kapal BRS KRI dr Wahidin Sudirohusodo-991 dan KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 adalah hasil pengembangan dari kapal perang jenis Landing Platform Dock (LPD) melalui transfer of technology (ToT) dengan perusahaan galangan kapal Korea Selatan.

Kapal BRS buatan PT PAL Indonesia memiliki fasilitas kesehatan yang lengkap terlebih memiliki kapabilitas untuk melakukan 11 jenis operasi kesehatan dan siap untuk melaksanakan misi kemanusiaan. Adapun fungsi lain dari kapal BRS adalah sebagai posko kesehatan untuk mendukung layanan kesehatan dalam memberikan pertolongan medis. Kala itu untuk membantu tim medis menunjang fasilitas kesehatan saat pandemi Covid-19.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
05:26
Viral