Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia,.
Sumber :
  • tvOne - m habib

Resmikan Ekspansi PT Smelting, Presiden Jokowi : Smelter di KEK JIIPE Gresik 1,7 Juta Ton

Kamis, 14 Desember 2023 - 18:57 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia, Kamis sore (14/12) melakukan peresmian ekspansi PT Smelting Gresik di Jalan Raya Roomo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Kini setelah Ekspansi PT Smelting Gresik mampu memurnikan dan mengolah 1,3 juta ton konsentrat tembaga setiap tahunnya.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengatakan ekspansi PT Smelting Gresik merupakan bentuk komitmen hilirisasi. Kapasitas anoda katoda naik. Komitmen PT Freeport Indonesia bekerja sama dengan Mitsubishi membangun hilirasasi untuk ekspansi nilai tambah ada Indonesia

"Ditambah Smelter di KEK Jiipe Gresik 1,7 juta ton. Satu tahun smelter kita produksi 3 juta ton, nilai tambah ada semua di Indonesia," kata Presiden Jokowi.

Dikatakan Jokowi, nantinya akan muncul industri baru. Saat ini sudah ada paper foil, nanti banyak menuju ke negara Indonesia, industri turunan tembaga, tidak hanya tembaga, tidak hanya nikel, tidak hanya bauksit, tidak hanya timah.

"Di luar mineral semua harus dihilirisasikan agar nilai tambah ada di negara kita, pekerjaan ada di negara kita. Jangan sampai kita kirim lagi mineral dalam bentuk mentah, minimal setengah jadi syukur-syukur barang jadi," ujarnya.

Diketahui, PT Smelting merupakan smelter pertama PT Freeport Indonesia (PTFI) yang mulai beroperasi pada 1999 bersama dengan konsorsium Jepang dan dioperasikan oleh Mitsubishi, sebagai bentuk kepatuhan PTFI terhadap Kontrak Karya II. Terletak di Gresik, Jawa Timur, PT Smelting merupakan fasilitas smelter tembaga pertama di Indonesia.

Setelah ekspansi, PT Smelting kini mampu memurnikan dan mengolah 1,3 juta ton konsentrat tembaga setiap tahunnya. Sumber Konsentrat PT Freeport Indonesia tujuan penjualan katoda tembaga dalam negeri dan Asia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral