Kemacetan di Jalur Pantura Surabaya-Banyuwangi.
Sumber :
  • Hery Sampurno

Hutan Taman Nasional Baluran Banjir, Jalur Pantura Surabaya Banyuwangi Lumpuh Satu Jam

Rabu, 19 Januari 2022 - 01:44 WIB

Situbondo, Jawa Timur - Hujan deras di wilayah pegunungan Hutan Taman Nasional Baluran Kabupaten Situbondo Jawa Timur membuat jalur pantura Karangtekok Banyuputih terendam banjir, Selasa (18/01/2022) siang.

Derasnya arus banjir dari luapan sungai sungai taman nasional baluran ini juga mengakibatkan kemacetan hingga lebih dari satu Jam, jalur menuju Banyuwangi ke Surabaya dan arah sebaliknya lumpuh total karena kendaraan tidak berani melintas. Selain merendam jalur pantura banjir juga merendam beberapa rumah dan kandang sapi warga yang berada di bantaran suangai yang tidak jauh dari hutan.  

Banjir ini  dipicu sungai sungai di sekitar Hutan Taman Nasional ini meluap dan menggenangi jalan sepanjang lebih  dari 100 meter. Material ranting dan kerikil serta lumpur juga terlihat ikut terbawa arus ke jalan raya. Kondisi ini membuat jalur pantura pun macet hingga hampir satu jam lantaran kendaraan kecil tak berani melintas. Arus deras banjir sungai melompati jalan raya hingga ketinggian lebih dari 50 sentimeter.

“ Banjir ini selalu terjadi jika hujan deras mengguyur wilayah Gunung Baluran selama lebih dari satu jam. Sejumlah sungai kecil kecil  bertemu di sungai sekitar jalan Pantura hingga akhirnya meluap," ujar salah satu warga Slamet Saputra.

"Tidak adanya jalur drainase di lokasi banjir membuat luapan sungai liar hingga naik ke jalan raya, warga pun harus bergotong royong mengatur lalu lintas yang alami kemacetan panjan," beber Slamet.

Selain melumpuhkan jalur pantura, banjir juga membuat sungai Karangtekok meluap. Sejumlah kandang Sapi warga pun terendam dan harus mengevakuasi ternak merek. Ketinggian air sungai juga nyaris naik ke jembatan penghubung jalur pantura Karangtekok ini. (hery sampurno/ade)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:13
01:51
04:09
02:08
26:44
05:12
Viral