dugaan tindak pidana korupsi penyimpangan pemungutan pajak daerah.
Sumber :
  • tim tvone - edi cahyono

Dugaan Tindak Pidana Korupsi Penyimpangan Pemungutan Pajak Daerah Kota Batu, Masuk Tahap Penyidikan

Senin, 24 Januari 2022 - 13:43 WIB

Batu, Jawa Timur- Dugaan tindak pidana korupsi penyimpangan pemungutan pajak daerah Kota Batu, masuk tahap penyidikan Kejaksaan Negeri Kota Batu. Tindak pidana korupsi penyimpangan pemungutan pajak daerah berupa Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) terjadi pada tahun 2020.

Kepala Kejari Kota Batu, Supriyanto, menjelaskan jika penyidikan tersebut sesuai Surat Perintah Penyidikan Kepala Kejaksaan Negeri Batu No : Print-01/M.5.44/Fd.1/01/2022 tanggal 17 Januari 2022, usai melalui beberapa proses penyelidikan di Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Batu.

“Jadi berdasarkan hasil penyelidikan, telah ditemukan bukti permulaan yang cukup adanya peristiwa dugaan tindak pidana korupsi yaitu penyimpangan dalam pemungutan pajak daerah (BPHTB) dan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) pada Badan Keuangan Daerah Kota Batu tahun 2020,” jelasnya, saat di hubungi tvonenews.com, Minggu (23/1).

Untuk itu pihaknya melalukan tindakan penyidikan untuk mencari dan mengumpulkan alat bukti maupun barang bukti, agar membuat terang tindak pidana yang terjadi dan menentukan siapa tersangkanya.

“Peningkatan status dari penyelidikan ke penyidikan tersebut setelah melalui forum ekspos (gelar perkara) atas hasil penyelidikan, dan berdasarkan forum ekspos tersebut semua sepakat untuk ditingkatkan ke tahap penyidikan,” terang Supriyanto.

Sejauh ini Kejari Kota Batu sudah memiliki beberapa saksi, ahli, dan sebagainya, termasuk berkoordinasi dengan auditor untuk memastikan besarnya kerugian negara dalam perkara tersebut. (Edy C/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral