Harga tomat naik di Pasar Kronong dipicu pasokan yang minim dari petani.
Sumber :
  • tvone - syahwan

Pasokan Minim dari Petani, Harga Tomat di Pasar Kronong Probolinggo Tembus Rp 16 Ribu per Kilorgam

Selasa, 1 Februari 2022 - 07:47 WIB

Probolinggo, Jawa Timur – Hampir sepekan harga tomat mengalami kenaikan hingga mencapai 50 persen, namun harga komoditi sayuran lainnya cenderung turun harganya dengan selisih bervariasi. Di Pasar Kronong Kota Probolinggo, selasa (02/01/2022), terpantau harga tomat naik menjadi Rp 16 ribu per kilogram dari harga awal yang hanya Rp 8 ribu per kilogram.

Sila, salah seorang pedagang menyebutkan, kenaikan harga tomat akibat minimnya pasokan dari para petani lokal. Ditambah lagi kenaikan tersebut dikarenakan beberapa daerah penghasil tomat mengalami gagal panen.

“Tomat saja yang naik, lainnya sedikit normal. Hanya beberapa sayuran lainnya mengalami penurunan harga,” ujar Sila.

Sila menambahkan, walaupun harga beberapa sayuran menurun, hal ini tidak dibarengi dengan meningkatnya pembeli.

“Tapi saat ini harganya dikisaran harga normal. Harga bayam saja sudah turun menjadi Rp1.000 per ikat. Padahal, sebelumnya lebih Rp 2.000 per ikat. Begitu pula harga komoditi sayuran lainnya,” jelasnya.

Hal serupa juga disampaikan pedagang lainnya, Budi mengatakan, penurunan harga sayur mayur tidak memengaruhi jumlah pembeli. Tapi dia memastikan harga sayur mayur semakin tidak bisa diprediksi. Kenaikan dan penurunan pasti akan terjadi bergiliran dengan selisih harga yang lumayan.

“Kemarin harga cabai sudah mulai normal menjadi Rp 24 ribu per kilogram. Sebab harga cabai memang tidak dapat diprediksi,” ucap Budi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:13
02:28
02:37
04:23
07:11
01:01
Viral