Sejumlah siswa menunggu giliran skrining kesehatan peserta vaksinasi anak.
Sumber :
  • Antara

Vaksinasi Anak di Tulungagung Terkendala Kegiatan Bulan Imunisasi Sekolah

Kamis, 3 Februari 2022 - 02:48 WIB

Tulungagung, Jawa Timur - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, sejauh ini belum optimal mencapai 100 persen karena waktunya yang berhimpitan dengan rangkaian kegiatan bulan imunisasi anak sekolah (BIAS).

"Memang ada beberapa kendala, mulai jadwal sekolah (pelaksanaan pembelajaran tatap muka) yang tidak seragam sampai waktu yang terlalu berdekatan dengan BIAS," kata Kabid Pengendalian dan Pencegahan Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung Didik Eka di Tulungagung, Rabu (2/2/2022).

Padahal, vaksinasi Covid-19 dan pelaksanaan bulan imunisasi anak sekolah atau BIAS tidak boleh dilakukan bersamaan. Harus berjarak dan diberi interval waktu bagi anak penerima vaksin demi menghindari kejadian ikutan pasca imunisasi.

"Konsekuensinya, kami harus melakukan penjadwalan ulang salah satu. Bisa (kegiatan) vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun yang ditunda, atau sebaliknya BIAS yang dijadwal ulang ke belakang," katanya.

Bulan imunisasi anak sekolah sendiri berlaku untuk siswa kelas 1, 2 dan 5. Untuk pelaksanaan BIAS kelas I adalah imunisasi campak, kelas II adalah imunisasi DT (Dipteri), sedangkan kelas V adalah TT (Tetanus).

"Antara BIAS dan Covid-19 harus ada jarak waktu pelaksanaannya," kata Didik.

Hingga sekarang sudah ada 80 persen dari target 89.276 anak, untuk 20 persen yang tersisa masih dalam proses dan sebagian sudah memasuki vaksinasi dosis kedua.

“Untuk anak yang 20 persen ini masih dalam proses dosis pertama, sedangkan yang sudah dosis pertama ini sebagian sudah memasuki dosis kedua," paparnya.

Guna mengejar kekurangan itu, jajaran Kodim 0807/Tulungagung mendukung dengan melakukan upaya bantuan percepatan melalui kegiatan serban vaksinasi anak di sekolah dasar maupun madrasah ibtidaiah (MI) yang tersebar di 19 kecamatan daerah itu.

Total ada 5 ribu dosis vaksin Covid-19 telah dipersiapkan. Sebagian sudah disalurkan, sebagian lain dalam proses. (ant/ade)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral