Petugas imbau nelayan waspada cuaca buruk di UPT PPP Mayangan Probolinggo.
Sumber :
  • tvone - syahwan

Cuaca Ekstrem, Petugas Keamanan Laut Terpadu Imbau Nelayan di Probolinggo Tak Melaut

Minggu, 29 Mei 2022 - 07:16 WIB

Probolinggo, Jawa Timur  – Cuaca ekstrem melanda perairan laut jawa dan Samudera Hindia Selatan. Potensi terjadinya gelombang tinggi disertai angin kencang tengah laut atau lebih dikenal nelayan sebagai musim baratan, diperkirakan berlangsung hingga beberapa hari ke depan. Sabtu (28/5).

Berdasarkan pemantauan petugas Kamladu PPP (Pelabuhan Perikanan Pantai) Mayangan Probolinggo, angin kencang berpotensi mengakibatkan kecelakaan jika nelayan memaksa melaut. Peringatan dini diinformasikan kepada nelayan, untuk sementara tidak melakukan aktivitas melaut.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan Perikanan Pantai (UPT PPP) Mayangan Probolinggo, M.Ichsan Budianto mengimbau, nelayan dan pemilik kapal perikanan untuk waspada terhadap cuaca yang tak menentu (ekstrem).

"Para nelayan dan pemilik kapal perikanan agar mematuhi standar operasional kapal perikanan atau tidak melaut dalam beberapa waktu, hingga cuaca kembali normal," ungkapnya.

Sebagai langkah antisipasi kejadian (kecelakaan) di laut akibat cuaca buruk di Perairan Pelabuhan Perikanan Probolinggo. Para nelayan agar mewaspadai kondisi cuaca pada saat melakukan aktivitas penangkapan ikan di laut.

“Kami bersama petugas di pelabuhan perikanan proaktif memberikan imbauan kepada nelayan dan pemilik kapal perikanan untuk tetap berhati-hati, dan terus memperhatikan faktor keselamatan kerja,” tambahnya.

Selain itu, pengecekan nautis dan teknis kapal perikanan sebelum melaut juga harus dilakukan dengan seksama dan secara rutin.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
08:03
01:19
03:36
08:48
03:56
Viral