Jamaah calon haji jalani pemeriksaan kesehatan di Asrama Haji Sukolilo.
Sumber :
  • tvone - zainal azhari

Ini yang Menjadi Penyebab Dua Jamaah Calon Haji Embarkasi Surabaya Tertunda Keberangkatannya

Senin, 6 Juni 2022 - 06:07 WIB

Surabaya, Jawa Timur - Jamaah Calon Haji (JCH) terus dipantau kesehatannya selama berada di Asrama Haji Sukolilo. PPIH Embarkasi Surabaya mensiagakan layanan klinik untuk konsultasi kesehatan jamaah. Hal ini untuk mengantisipasi segala gangguan kesehatan jelang keberangkatan terbang hinga selama di berada di tanah suci. 

Dari informasi yang dihimpun rata-rata 10 orang jamaah setiap kloter yang memeriksakan kesehatannya di klinik asrama haji. Dikarenakan usia jamaah sebagian berusia lanjut, ada yang konsultasi, ada juga yang memeriksan keluhan sakitnya. 

Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag)  Jawa Timur, Abdul Haris mengatakan, saat ini Jamah Calon Haji terus diperkuat kesehatannya. Pasalnya kesehatan jamaah menjadi penting, agar jamaah bisa menjalankan setiap prosesi ibadah haji.

"Jadi kami terus pantau perkembangannya (kesehatan) jamaah selama ini di Asrama Haji Sukolilo. Kalau ada yang kurang enak badan, atau konsultasi kesehatan kami sarankan untuk ke klinik untuk menerima layanan kesehatan,"kata Haris, Minggu petang (05/06/2022).

Hingga memasuki hari ketiga keberangkatan jamaah haji ke tanah suci. Haris mengaku ada 2 jamaah yang tertunda keberangkatannya dikarenakan positif  Covid-19. Jamaah tersebut merupakan kloter 1 yang berasal dari Kabupaten Tuban , serta satu jamaah dari kloter dua asal Bojonegoro.

"Ya memang, dari pemeriksaan hasil PCR test ada 1 jamaah yang terkonfirmasi positif. Tapi Alhamdulillah karena pemeriksaan ada di kabupaten/kota, tidak perlu dilakukan tracing untuk jamaah lainnya,"ungkap Haris.

Nantinya jamaah yang tertunda karena kondisi kesehatan, akan tetap bisa berangkat di kloter berikutnya selama yang bersangkutan bisa memenuhi syarat swab PCR, dengan hasil negatif. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:43
02:06
03:27
02:55
04:42
04:28
Viral