Jelang HUT RI, atribut bendera merah putih mulai banjiri Lumajang Kota.
Sumber :
  • tim tvone - wawan sugiarto

Pedagang Bendera Musiman Asal Garut Cari Peruntungan di Lumajang, Jelang Perayaan HUT RI ke 77

Selasa, 9 Agustus 2022 - 14:56 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Jelang perayaan kemerdekaan HUT RI, berbagai atribut bendera merah putih mulai membanjiri wilayah Lumajang Kota. Kebanyakan, bendera merah putih itu didatangkan dari Jawa Barat.

Para penjual asal Kabupaten Garut banyak dijumpai di beberapa sudut pinggir jalan area dalam kota menjajakan dagangan benderanya.

Rendy, salah seorang penjual di Jalan Veteran mengaku setiap tahun datang bersama rombongannya ke Lumajang untuk berjualan bendera.

“Saya sudah 7 tahun jualan musiman seperti ini, setiap akhir Juli selalu datang ke Lumajang bareng rombongan teman dari kampung,” katanya saat ditemui, Senin (8/8). 

Ia mengaku datang ke Lumajang karena memang orang-orang di kampungnya Desa Salamanunggal, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut sudah terbiasa merantau musiman saat momen Agustusan tiba.

Bahkan, diakuinya rombongan penjual bendera musiman asal Garut ini pun sudah banyak menyebar dihampir seluruh Kabupaten/Kota di Pulau Sumatera, Jawa, dan Bali. Rombongan para penjual bendera ini pun beragam, berkisar antara 4-5 orang.

Bendera-benderanya pun juga dibuat di sentra pengrajin yang ada di Jawa Barat, lalu dibawa langsung dari Garut ke Lumajang setiap tahunnya dengan menaiki kendaraan umum.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral