lomba ngeliwet tutup rangkaian peringatan Hari Santri Nasional di Lumajang.
Sumber :
  • tim tvone - wawan sugiarto

Lomba Ngeliwet Tutup Rangkaian Peringatan Hari Santri Nasional di Lumajang

Senin, 7 November 2022 - 18:18 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Puncak acara peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022 di Kabupaten Lumajang, dimeriahkan dengan kegiatan lomba ngeliwet di depan Kantor Bupati Lumajang. Ngeliwet adalah proses menanak nasi di sebuah panci. Panci berisi beras itu kemudian dimasak di atas tungku dari susunan batu bata dan apinya berasal dari kayu bakar kering.

Ngeliwet ini menjadi budaya yang kerap kali dijalani oleh para santri di pondok pesantren dengan berbekal peralatan dan bahan seadanya yang ada di sekitar pondok pesantren.

Setidaknya ada 30 kelompok yang terdiri dari berbagai pondok pesantren di Lumajang yang mengikuti lomba ngeliwet ini. Pesertanya, bukan dari santri-santri yang masih aktif mondok. Tapi, para kyai dan gawagis yang dulunya juga merasakan ngeliwet untuk dilombakan.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, event kali ini sengaja dilaksanakan sebagai bentuk nostalgia masa lalu sebagai seorang santri. Menurutnya, ngeliwet ini selain melatih kesabaran karena prosesnya lama, tapi juga melatih rasa syukur manusia kepada Pencipta. Sebab, bagaimanapun hasil masakannya pasti akan dimakan dan tidak akan tersisa.

"Kita ingin nostalgia aja dulu waktu masih jadi santri jadi para kyai, gus, dan pengasuh pondok kita kumpulkan disini lomba ngeliwet," kata Thoriq di Lumajang.

"Bisa dilihat tadi ada yang gosong, ada yang belum matang, tapi ya namanya santri tetap saja dimakan," imbuhnya.

Thoriq menambahkan, akan menggelar festival ngeliwet yang lebih meriah lagi tahun depan. Rencananya, akan melibatkan ribuan pondok pesantren di Lumajang dan sekitarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:10
05:46
01:09
15:57
07:09
02:26
Viral