Sungai mentaya saat diselimuti kabut asap pekat di pagi hari.
Sumber :
  • didi syahwani

Akibat Kabut Asap yang Pekat, Lalu Lintas Kapal di Sungai Mentaya Turut Terganggu

Jumat, 8 September 2023 - 11:21 WIB

Kotawaringin Timur, tvOnenews.com - Kabut asap pekat akibat kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah, tidak hanya berdampak bagi lalu lintas di darat saja, tapi juga pada perairan sungai Mentaya yang lalu lintasnya turut terganggu. 

"Kami kesulitan saat membawa penumpang menyeberang sungai, sebab jarak pandang sangat pendek sekali. Ini sebenarnya cukup berbahaya," ungkap salah seorang motoris kelotok (kapal kecil bermesin), Jali, Jum'at (8/9/2023).

Jali menjelaskan kabut asap ini biasanya muncul saat pagi hari sekitar pukul 06.00 WIB, namun karena tertiup angin, dua jam kemudian, sekitar pukul 08.00 WIB, kabut asap tersebut secara perlahan menghilang.

 Kondisi dermaga Sungai Mentaya saat diselimuti kabut asap pekat, Jum'at (8/9/2023).

Dari pengamatannya, kabut asap ini berasal dari kiriman dari wilayah selatan Kota Sampit yang terbawa angin yang bertiup ke utara.

"Kami mesti harus ekstra berhati-hati menjalankan kelotok, padahal di jam-jamnya kabut asap itu muncul, cukup banyak penumpang yang ingin menyeberang ke Seranau atau sebaliknya," katanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
01:01
06:03
00:58
07:10
03:08
Viral