Petugas BMKG Stasiun Sultan Muhammad Kaharuddin Sumbawa Besar..
Sumber :
  • Irwansyah

Sumbawa di Puncak Musim Kemarau, BMKG Imbau Warga Hemat Penggunaan Air

Rabu, 1 November 2023 - 11:23 WIB

Sumbawa, tvOnenews.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Sultan Muhammad Kaharuddin, mengumumkan bahwa Sumbawa saat ini berada dalam puncak musim kemarau, yang diperkirakan akan berlangsung hingga pertengahan Desember. Suhu yang sangat tinggi dan cuaca kering menjadi tantangan utama yang dihadapi oleh warga Sumbawa.

Kepala BMKG Stasiun Sultan Muhammad Kaharuddin Sumbawa, Samriyanto, melalui Prakiraan cuaca, Zulkifli Ramadhan, Rabu (01/11/2023) mengatakan, rilis yang dikeluarkan oleh BMKG NTB, saat ini Sumbawa dalam puncak musim kemarau, sehingga warga Sumbawa diimbau untuk bijak dalam penggunaan air bersih. 

"Karena kondisi panas yang ekstrem, warga diminta untuk waspada terhadap risiko kebakaran dan mengurangi aktivitas di luar rumah," katanya. 

Menurutnya, musim hujan di NTB diperkirakan akan tiba pada bulan November, khususnya antara tanggal 21 hingga 30 November 2023 serta pada bulan Desember. Namun, diperkirakan bahwa musim hujan akan lebih singkat dari biasanya, berlangsung hanya selama 4 bulan.

"Puncak musim hujan di Sumbawa diharapkan terjadi pada bulan Januari dan Februari. Musim hujan yang lebih pendek ini menjadi perhatian, dan warga diminta untuk lebih bijak dalam penggunaan air untuk menghindari dehidrasi dan masalah terkait air," ungkapnya. 

BMKG memperkirakan bahwa musim hujan di NTB dan Sumbawa akan lebih pendek pada tahun 2024, berlangsung dari Desember hingga Maret 2024.

"Sumbawa dan wilayah sekitarnya diimbau untuk mengikuti perkembangan informasi cuaca dari BMKG dan mematuhi saran-saran yang diberikan untuk menjaga keamanan dan kesejahteraan selama masa musim kemarau yang panjang ini," pungkasnya. (Irw/frd)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:42
02:16
01:41
02:31
15:57
09:40
Viral