Banjir Ganggu Lalu Lintas Kapuas Hulu Menuju Pontianak Kalimantan Barat.
Sumber :
  • antara

Banjir Ganggu Lalu Lintas Kapuas Hulu Menuju Pontianak Kalimantan Barat

Jumat, 11 Februari 2022 - 13:19 WIB

Kapuas Hulu, Kalimantan Barat - Jalan nasional di Desa Nanga Tepuai Kecamatan Hulu Gurung Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, terendam banjir dan mengakibatkan arus lalu lintas dari Putussibau ke Pontianak, Ibu Kota Kalimantan Barat, dan sebaliknya, terganggu.

"Akibat banjir, jalan nasional di Tepuai saat ini tidak bisa dilalui kendaraan ukuran rendah, kecuali kendaraan tinggi seperti mobil tangki pengangkut bahan bakar minyak," kata Camat Hulu Gurung H Bahar dihubungi di Putussibau Kapuas Hulu, Jumat (11/2/2022).

Disampaikan Bahar, genangan banjir di ruas jalan nasional tersebut terdapat di beberapa titik seperti di depan SMA Tepuai, depan Masjid Besar Tepuai dan di sekitar Jembatan Tepuai. Ketinggian air banjir mencapai sekitar satu meter dari permukaan tanah.

Untuk melintasi genangan banjir, kata Bahar, pengendara kendaraan roda dua menggunakan jasa penyeberangan (rakit) dari warga setempat.
Menurut dia, banjir terjadi sejak Jumat pagi karena intensitas hujan yang cukup tinggi, mengakibatkan sejumlah anak sungai meluap.

"Kondisi saat ini terlihat mulai surut, namun dikhawatirkan turun hujan lagi, maka genangan banjir akan semakin dalam," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu, Gunawan, mengatakan untuk saat ini banjir melanda beberapa desa di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Silat Hilir, Kecamatan Silat Hulu dan Kecamatan Hulu Gurung.

"Laporan yang kami terima banjir terjadi di tiga kecamatan, bahkan merendam ruas jalan nasional di Nanga Tepuai," kata Gunawan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral