Kepala Pelaksana BPBD Aceh Barat DR Mukhtaruddin.
Sumber :
  • Antara

BPBD Aceh Barat Siagakan 10 Unit Armada Damkar Antisipasi Karhutla

Sabtu, 5 Maret 2022 - 04:07 WIB

Jakarta, tvOne

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat menyiagakan sebanyak 10 unit armada pemadam kebakaran (damkar), guna mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di daerah ini.

“Alhamdulillah saat ini semua unit armada pemadam kebakaran dalam kondisi siap dan siaga,” kata Kepala Pelaksana BPBD Aceh Barat DR Mukhtaruddin di Meulaboh, Jumat.

Ia mengatakan kesiagaan tersebut dilakukan menyusul mulai teriknya cuaca panas matahari yang terjadi sejak beberapa hari lalu di Kabupaten Aceh Barat, sehingga dikhawatirkan dapat memicu terjadinya kebakaran lahan atau hutan.

Mukhtaruddin mengatakan, ada pun lahan yang sangat rawan terbakar di Aceh Barat yaitu lahan gambut yang berada di sejumlah kecamatan seperti Kecamatan Meureubo, Johan Pahlawan, Samatiga, Arongan Lambalek, Bubon, serta beberapa daerah lainnya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak membakar lahan jika sewaktu-waktu melakukan aktivitas pembersihan kebun karena sangat rawan terjadinya kebakaran lahan atau pun kawasan hutan.

“Kita mengimbau masyarakat agar tetap menjaga lingkungan, dengan tidak membakar lahan,” katanya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:40
02:10
01:38
07:50
02:40
06:25
Viral