Bekantan dewasa diikat di sebatang pohon usai ditangkap warga.
Sumber :
  • Didi Syachwani

Bekantan Dewasa Tersesat di Permukiman, Warga Kotawaringin Timur Memburunya

Selasa, 15 Maret 2022 - 08:35 WIB

Kotawaringin Timur, Kalteng - Warga yang tinggal di sekitar jalan Bumi Ayu, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Mentawa Baru, Ketapang, digegerkan dengan kemunculan seekor monyet Bekantan, yang berkeliaran di sekitar lingkungan tinggal mereka. Karena khawatir terjadi konflik dengan manusia, warga akhirnya memburu hewan tersebut dan menangkapnya.

"Bekantan ini termasuk hewan buas dan liar, jika panik hewan ini bisa menyerang manusia. Karena itu kami terpaksa memburu dan menangkapnya," kata Bahrul Maji, ketua RT 26, Senin (14/3/2022).

Selain itu, hewan endemik pulau kalimantan yang mempunyai ciri khas hidung mancung ini, juga sempat merusak kebun sayuran warga, sehingga cukup banyak tanaman sayuran warga yang mati karena dicabut oleh hewan tersebut.

Sementara itu, menurut komandan BKSDA Pos Jaga Sampit Muriansyah, saat dievakusi petugas, hewan ini terlihat dalam kondisi stress akibat diburu warga. Sehingga hewan ini terlihat begitu buas.

"Jika terdesak hewan ini akan menyerang manusia dan menggigit dengan taringnya yang tajam," kata Muriansyah.

Adapun penyebab kemunculan monyet bekantan di pemukiman warga ini diduga akibat habitat aslinya sudah rusak, sehingga hewan ini terpaksa harus pergi dari sana untuk mencari makan agar bisa bertahan hidup.

Ditegaskannya, monyet bekantan adalah termasuk satwa yang dilindungi. Habitat aslinya adalah hutan bakau, wilayah rawa, dan hutan pantai. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
25:54
00:52
02:08
02:13
01:10
01:07
Viral