Warga dan Petugas BPBD evakuasi korban banjir Kota Sengatta, Kutim.
Sumber :
  • Asho A Marmin

Banjir Lumpuhkan Kota Sengatta di Kutai Timur, BPBD Nyatakan Tanggap Darurat

Senin, 21 Maret 2022 - 08:28 WIB

Kutai Timur, Kalimantan Timur - Banjir melanda Kota Sengatta, di Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Banjir itu semakin luar dengan ketinggian air mencapai 2 meter.

Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutim, Minggu (20/3/2022) sore mengevakuasi warga di lima titik terparah terdampak banjir. BPBD menyebutkan, korban banjir di Sengatta mencapai 1308 jiwa. BPBD menetapkan status tanggap darurat atas bencana yang melanda kawasan ini.

Salah satu warga Kirana mengatakan, menurutnya ini banjir terparah yang ia alami, karena hampir semua ruas jalan di Kota Sengatta terendam banjir.

"Selama saya tinggal di Kota sengatta ini banjir yang terparah yang pernah dapatin dari tahun 2013. Dan ini banjir tak ada tanda-tanda surut. Banjir makin naik, Jalan Poros Sangatta Bontang juga lumpuh total di kilometer satu. Dalamnya seleher orang dewasa," ujar Kirana.

Sementara itu, Kepala BPBD Kutai Timur Syafruddin menjelaskan, kondisi banjir saat ini ada beberapa titik banjir mulai menunjukkan penurunan. Namun penyebab banjir saat ini debit air semakin bertambah curah hujan masih berlangsung.

"Ada beberapa titik yang sudah mulai turun, di kilometer 8, dan secara berangsur turun, cuma yang kilometer 12 masih naik. Kondisi Jalan Poros Sangatta Bontang saat ini juga tak bisa dilalui oleh kendaraan," jelasnya.

Bala bantuan kini mulai berdatangan, dari BPBD Kaltim dan Tim Basarnas dari Balikpapan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:37
04:23
01:01
15:36
01:13
10:09
Viral