Seorang peserta saat dibopong menuju ambulan untuk mendapatkan pertolongan di garis finish Balikpapan 10 K, Minggu 4/9/2022..
Sumber :
  • (ANTARA/novi abdi)

Pelari Tiba-tiba Ambruk di Tengah Lomba Lari Balikpapan 10K, Meninggal Saat Dirujuk ke RSUD

Minggu, 4 September 2022 - 17:31 WIB

Balikpapan - Seorang peserta lari kategori veteran, Muhammad Jufri, meninggal dunia saat mengikuti lomba lari Balikpapan 10K di Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (4/9/2022).

Pelari berusia 46 tahun beralamatkan Samarinda Seberang itu, meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit setelah mendapat pertolongan pertama di kilometer ketujuh rute lomba, persis di depan Kantor Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Jalan Jenderal Sudirman.

"Beliau peserta nomor dada 0813, masuk dalam kategori Pelari Veteran," kata Ketua Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Balikpapan, Abi Hasan di lokasi lomba.

Saat terjatuh, Muhammad Jufri langsung mendapat pertolongan dari Tim P3K Puskesmas Klandasan Ilir.

Menurut keterangan Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan dr Andi Sri Juliarty, dari catatan Tim P3K, beberapa saat sesudah ditangani, tekanan darah atau denyut jantung sudah tidak terukur, pupil atau anak mata 3 milimeter atau mengecil, dan kesadaran hilang.

Para petugas mencoba memberikan resusitasi jantung-paru atau pemberian napas buatan dan pemberian tekanan berulang pada dada untuk mengembalikan detak jantung sembari memberi infus epinefrin. Saat itu juga korban sudah berada di ambulans untuk dirujuk ke RSUD Beriman di Gunung Malang, tak jauh dari lokasi jatuhnya.

Namun, ketika sampai di IGD RSUD, diketahui Muhammad Jufri sudah meninggal dunia. Monitor detak jantung hanya menampilkan garis datar (flat) tanda sudah tidak ada lagi denyut organ pemompa darah tersebut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral