Rutan Salemba.
Sumber :
  • Tim tvOne/Rika Pangesti

Over Kapasitas, Warga Binaan di Salemba Dipindah ke Rutan dan Lapas

Senin, 14 November 2022 - 21:08 WIB

Jakarta - Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Selamba Klas 1 Jakarta Pusat, Fauzi Harahap mengungkapkan warga binaan yang berada di Rutan Salemba akan disebar ke sejumlah Rutan dan Lapas guna menekan over kapasitas dan tingginya kasus covid - 19 di DKI Jakarta.

"Di sini ada 3.352 orang, sedangkan kapasitas napi 1.500 orang.  Guna mengurangi dari komposisi di dalam, dan memungkinkan kondisi-kondisi yang kita tempuh contohnya kita akan pindahkan ketempat lain dan akan ada pemerataan ketempat yang lain," ucap Fauzi, Senin (14/11/2022).
Fauzi menerangkan, dengan melonjaknya kasus sebaran Covid-19 di Jakarta, jajarannya juga telah menggencarkan vaksinasi bagi para warga binaan.

Namun, hal itu sedikit terkendala. Sebab, banyaknya warga binaan yang keluar masuk dari rutan tersebut.

"Dalam pemenuhan hak vaksin sudah semua di vaksin warga binaan, namun karena ini rutan fruktuasi dari pada keluar dan masuknya warga binaan tidak bisa kita tentukan sesuai dengan proses dari pada penahanan stake holder pihak lain yang di dalam," paparnya.

Menurutnya, demi menekan lonjakan covid-19 di kalangan para napi, pihaknya juga bakal mengecek kesehatan warga binaan terlebih dahulu sebelum memindahkan ke rutan yang lain. Termasuk, bagi warga binaan yang baru.

"Kalau masih tahan kita lakukan masa pengenalan lingkungan nantinya dari medis selesai periksa kondisi napi yang baru, baru kita pindahkan," pungkasnya. (rpi/ebs)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:01
02:57
02:49
01:28
08:28
02:38
Viral