Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga, Yuliansah Andrias..
Sumber :
  • Tim tvOne

BI Harapkan Wartawan Mampu Terjemahkan Informasi yang Mudah Dicerna Publik

Jumat, 25 November 2022 - 19:21 WIB

Jakarta - Wartawan adalah komponen penting yang berperan sebagai perpanjangan tangan dari penyampaian kebijakan Bank Indonesia

Demikian diungkapkan oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga, Yuliansah Andrias di Jakarta, Jumat (25/11/2022).

"Selaku bank sentral, kebijakan yang dikeluarkan perlu disampaikan kepada masyarakat umum, termasuk stakeholder di daerah,” sebut Yuliansah Andrias.

Dijelaskannya, sebagai insitusi yang kerap merilis informasi yang dilengkapi beragam data perekonomian, BI butuh peran wartawan yang mampu menerjemahkan data tersebut agar dapat lebih mudah dicerna masyarakat. 

“Seperti perkembangan inflasi, suku bunga kebijakan atau BI 7DRRR, dan berbagai macam survei perekonomian lainnya. Sebelum informasi sampai ke masyarakat, wartawan hendaknya mampu memahami data tersebut kemudian diolah menjadi berita yang informatif dan akurat,” jelas dia.

Maka itu, lanjut Yuliansah, BI terus berkomitmen untuk meningkatkan pemahaman wartawan secara rutin, terutama terhadap fungsi bank sentral dalam kebijakan moneter, pembayaran, dan stabilitas sistem keuangan serta diseminasi kebijakan baik di pusat maupun di daerah. 

“Oleh karenanya, penting menjaga level komunikasi antara Bank Indonesia dengan wartawan agar tiga pilar kebijakan BI dapat disampaikan secara baik kepada masyarakat luas. Seperti kegiatan kita hari ini juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas wartawan mitra kerja BI Sibolga,” sebutnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:31
02:44
03:34
06:26
09:41
20:11
Viral