Penumpang memadati pelabuhan Parepare sambut awal Ramadhan, Senin (11/3/2024).
Sumber :
  • Rusli Djafaar

Sehari Jelang Puasa Ribuan Penumpang Padati Pelabuhan Parepare

Senin, 11 Maret 2024 - 10:11 WIB

Parepare, tvOnenews.com - Ribuan penumpang kapal hari ini memadati pelabuhan Parepare, Sulawesi Selatan. Ribuan penumpang tersebut umumnya adalah warga yang hendak merayakan tradisi puasa pertama dan merayakan libur panjang. Para penumpang ini berasal dari sejumlah kota di pulau Kalimantan seperti Nunukan, Kalimantan Utara dan Samarinda serta Balikpapan, Kalimantan Timur.

Sejak Senin (13/3/2024) pagi kapal kapal yang membawa penumpang asal berbagai kota di pulau Kalimantan bergantian masuk dan sandar di pelabuhan Parepare. Diantara  penumpang yang terlihat memadati dermaga pelabuhan Parepare juga terdapat ratusan pekerja migran Indonesia yang bekerja di Malaysia dan memanfaatkan waktu libur mereka untuk puasa pertama bersama keluarga.

"Sudah tradisi di keluarga kami yang kerap merayakan puasa pertama bersama keluarga termasuk kami yang bekerja di Malaysia. Pelayaran singkat dan tidak butuh waktu lama serta murah menjadi pertimbangan kami pulang menggunakan transportasi laut," ujar Arifin, seorang pekerja migran yang bekerja di Lahat Datu, Malaysia.

Kepadatan penumpang kapal pada musim libur dan jelang puasa pertama tahun ini sudah terlihat sejak satu pekan terakhir di pelabuhan Parepare.

"Hari ini ada sekitar 2.019 penumpang yang tiba di pelabuhan Parepare.Mereka berasal dari berbagai kota atau daerah di pulau Kalimantan," kata Eko Prayetno,Humas Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan atau KSOP Parepare yang ditemui di pelabuhan.

Untuk menjaga keamnan dan kenyamanan penumpang, pihak KSOP dan Polsek Pelabuhan Parepare menurunkan personil mereka termasuk untuk mencegah masuknya benda benda berbahaya jelang puasa pertama Selasa besok.

 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:45
07:17
01:11
05:51
01:35
02:53
Viral