Warga Pegunungan Sangbua yang Hendak Mengungsi.
Sumber :
  • Joni Banne Tonapa

Tanah di Wilayah Pegunungan Sangbua Sulsel Retak, Ancam Pemukiman Warga

Minggu, 20 Februari 2022 - 03:01 WIB

Tana Toraja, Sulawesi Selatan - Tanah diwilayah pegunungan sangbua, Kecamatan Gandangbatu Sillanan, Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan, sejak beberapa hari terakhir mengalami pergerakan, membuat ratusan rumah terancam roboh sehingga memaksa warga meninggalkan kampung dan tempat tinggalnya untuk menyelamatkan diri.

Tingginya intensitas hujan yang terus terjadi diwilayah penggunungan Kecamatan Gandangbatu Sillanan sejak beberapa hari terakhir, mengakibatkan Gunung Sangbua yang terletak di Lembang Kaduaja longsor dan meninggalkan retakan yang cukup lebar membuat ratusan rumah warga yang berada diwilayah perbukitan kini terancam roboh.

Karena kawatir dengan retakan besar yang berada dipuncak gunung, warga yang bermukim disekitar kaki gunung Sangbua pada Sabtu (19/2/2022) terpaksa mengungsi ke wilayah Kabupaten Enrekang, wilayah yang saat ini masih aman untuk digunakan menyelamatkan diri dari terjangan longsor yang kapan saja dapat menimpa warga.

Ratusan orang yang saat ini mengungsi yakni warga Baturewan, To’kambola, Tanete dan sangbua, mereka memilih kewilayah Desa Bentteng Alla, Kabupaten Enrekang dan tinggal di rumah-rumah penduduk yang posisinya aman dari terjangan bencana longsor.

Eppi, warga Sangbua mengaku terpaksa mengungsi ketempat yang lebih aman, walau tak membawa peralatan apa-apa, karena menurutnya lebih baik menyelamatkan diri bersama keluarga dulu, dari pada tertimpa musibah tanah longsor.

“Terpaksa kami mengungsi ketempat yang lebih aman, walau tak membawa peralatan apa-apa, karena lebih baik menyelamatkan diri bersama keluarga dulu, dari pada tertimpa musibah tanah longsor," tegas Eppi salah seorang pengungsi.

Sementara, Johanis Dipin Lading, Kepala Lembang Kaduaya yang memantau kondisi perbukitan yang mengalami keretakan menghimbau warga untuk tidak beraktivitas disekitar kaki gunung, karena masih sangat berbahaya terjadinya longsor dari puncak gunung karena saat ini intensitas curah hujan diwilayah tersebut masih tinggi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral