Irwan (32), salah satu korban selamat pada peristiwa tenggelamnya kapal KM Ladang Pertiwi 2 di perairan selat Makassar, Pangkep, Sulawesi Selatan..
Sumber :
  • tim tvOne - Idris Tajannang

Kisah Korban Kapal Tenggelam di Pangkep, Triplek & Jeriken Selamatkan 10 Penumpang

Minggu, 29 Mei 2022 - 08:13 WIB

Takalar, Sulawesi Selatan - Irwan (32) tahun, satu dari 17 orang penumpang kapal motor Ladang Pertiwi 2 yang selamat dari insiden kapal tenggelam. KM Ladang Pertiwi 2 memuat sekitar 50 penumpang saat kapal tersebut berangkat dari pelabuhan Paotere Makassar menuju Desa Pammas, Kecamatan Liukang Kalmas, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan pada hari Rabu 25 Mei 2022.

Irwan mengaku berangkat pada hari Rabu 25 Mei setelah shalat ashar. Irwan mengisahkan, setelah kapal bertolak dari pelabuhan Paotere Makassar menuju masalemba, sekitar jam 11 siang kapal dihantam ombak tinggi, antara 2 sampai 3 setengah meter.

Setelah dihantam ombak setinggi 3 meter tersebut, mesin tiba tiba mati.

Sejumlah penumpang kemudian membantu anak buah kapal (ABK) untuk menyalakan mesin, namun meski sudah berusaha, mesin kapal tidak kunjung menyala hingga ombak terus menghantam kapal tersebut.

"Saya berusaha membantu ABK untuk memperbaiki mesin, agar mesin cepat kembali bunyi lalu cepat berangkat, tapi sayangnya tidak bisa bunyi meskipun sudah berupaya memperbaikinya, justru ombak terus menghantam sampai kapal oleng," kata Irwan, Minggu (29/5/2022).

Saat kapal mulai tenggelam, semua penumpang lari keluar, termasuk dirinya. Saat diluar lambung kapal, ia membantu penumpang lainnya untuk mengambil gabus, karena ada yang berteriak meminta gabus.

Sementara ibu dan adiknya, ia suruh loncat dari atas kapal, sembari ia menolong penumpang lainnya dengan memberikan gabus sebagai pelampung.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:43
06:09
02:32
03:03
02:36
08:00
Viral