Petugas BMKG Maritim Belawan Tunjukan Prakiran Yang Akan Terjadi.
Sumber :
  • Tim Tvone/Martinus

BMKG Belawan Berikan Peringatan Dini Banjir Rob dan Cuaca Buruk

Jumat, 17 Februari 2023 - 17:17 WIB

Medan, Sumatera Utara - Antisipasi cuaca buruk pancaroba dah banjir rob di kawasan pesisir, BMKG Maritim, Belawan memberikan peringatan dini pada masyarakat dan nelayan di kawasan pesisir Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan. 

Kepala Kelompok Analisa dan Pengolahan Data Stasiun BMKG Belawan, Budi Santoso, mengatakan tiga hari ke depan kawasan pesisir Belawan akan mengalami cuaca panas akibat perubahan cuaca atau masa pancaroba. 

"Tiga hari ke depan umumnya cuaca akan panas dan kering, hal ini akibat pengaruh masa pancaroba, yang di mana pada siang hari cuaca akan panas namun malam hari berkemungkinan terjadi hujan lokal," kata Budi Santoso, Jumat siang (17/2/2023). 

Dia menjelaskan banjir rob juga akan melanda kawasan Belawan sejak tanggal 19-25 Februari, dengan prediksi ketinggian air 2,3 meter hingga 2,6 meter. "Akan terjadi selama satu minggu, yang di mana banjir rob akan melanda pada malam hari dan juga siang hari dengan ketinggian 2,3 - 2,6 meter dari surut terendah," bebernya. 

Budi Santoso, mengatakan ada sejumlah kawasan di Belawan yang akan menjadi lokasi dampak terparah akibat banjir rob. "Di kawasan Belawan itu yang terdampak parah di Kelurahan Bagan Deli, Kelurahan Belawan Sicanang dan Belawan Bahagia, karena titik tersebut merupakan titik yang cukup rendah," katanya. 

Budi mengimbau masyarakat tetap selalu waspada dan siaga untuk menghadapi banjir rob dan selalu memantau informasi update yang diberikan BMKG. (mss/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:17
02:29
01:25
02:52
06:56
11:04
Viral