Sawah yang terendam banjir di Desa Teriti..
Sumber :
  • Tim TvOne/Tarmizi

Sungai Batanghari Meluap, Puluhan Hektar Lahan Petani dan Rumah Warga Terendam Banjir

Kamis, 16 Maret 2023 - 13:32 WIB

Tebo, tvOnenews.com - Akibat meluapnya air Sungai Batanghari sejak seminggu lalu, membuat puluhan hektar areal persawahaan warga di Desa Teriti, Kecamatan Sumay, Kabupaten Tebo, Jambi terendam banjir.

"Banjir ini merendam sawah petani seluas 30 hektar. Kemungkinan tahun ini padi yang ditanam petani terancam gagal panen, karena petani selesai tanam sekitar satu atau dua minggu belakangan," ujar Kadus Dusun Baru, M Sapiyun, Kamis (16/3/2023).

Selain areal persawahan, lanjut Kadus, banjir juga merendam puluhan rumah warga dengan ketinggian bervariasi mulai dari 50 Cm hingga 60 Cm. Hingga saat ini banjir tak kunjung surut.

"Untuk rumah warga yang terendam ada sekitar 20 KK. Bahkan, sebagian warga sudah ada yang megungsi ke rumah saudaranya maupun rumah tetangga," terang M Sapiyun.

Selain itu, banjir yang merendam areal persawahan ini sudah memasuki hari kelima. Jika air tak kunjung surut, padi yang ditanam petani dua minggu lalu terancam tidak bisa lagi diselamatkan atau gagal panen akibat sudah lama terendam.

"Untuk kerugian petani ditaksir mencapai puluhan juta rupiah, karena setiap hektarnya petani mampu menghasilkan gabah kering sebanyak satu ton," sebutnya. 

Dirinya juga berharap agar pemerintah daerah dan provinsi maupun pusat dapat mencarikan solusi agar petani di Desa Teriti tidak merugi terlalu banyak. (tar/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
02:37
01:03
01:46
07:04
05:04
Viral