Kepala Dinas Disnakeswan Lampung, Lili Mawarti saat diwawancarai awak media di Kantor Pemerintah Provinsi Lampung.
Sumber :
  • Tim TvOne/Pujiansyah

Atasi Penyakit LSD, Disnakeswan Lampung Distribusikan 10 Ribu Dosis Vaksin

Jumat, 19 Mei 2023 - 16:55 WIB

Bandar Lampung, tvOnenews.com - Untuk mengatasi penularan penyakit LSD pada hewan ternak sapi, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Lampung telah mendistribusikan 10 ribu dosis vaksin LSD ke pemerintah Kabupaten/Kota di Lampung.

Kepala Dinas Disnakeswan Lampung, Lili Mawarti, mengatakan saat ini jumlah sapi terjangkit penyakit LSD di Provinsi Lampung bertambah menjadi 396 ekor. Pihaknya sudah mendistribusikan 10 ribu dosis vaksin LSD pemberian dari Kementerian Pertanian ke pemerintah Kabupaten/Kota yang membutuhkan.

"Kami minta kepada teman-teman di Kabupaten/Kota untuk aktif melakukan vaksinasi LSD. Kasus LSD di Lampung juga belum dinyatakan wabah karena ini masih bisa ditangani dan petugas di Kabupaten/Kota sudah aktif mensosialisasikan ke peternak," kata Lili Mawarti, Jumat (19/5/2023).

Lili mengungkapkan, Provinsi Lampung masih membutuhkan sekitar 400 ribu hingga 500 ribu dosis vaksin untuk disuntikkan kepada sapi dan kerbau guna mencegah penularan virus LSD yang semakin meluas.

"Estimasi kebutuhan vaksin di Lampung minimal 50 persen dari populasi. Artinya sekitar 400 ribu sampai 500 ribu dosis yang kami butuhkan. Dan ini terus diupayakan dengan meminta ke pusat dan juga ajukan di APBD Perubahan 2023," ungkap Lili.

Ia menjelaskan, kasus penyakit LSD sudah ditemukan sejak pada tahun 2021 yang masuk dari Provinsi Riau. Namun, LSD sempat hilang lantaran adanya virus baru yaitu Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Saat ada wabah PMK, LSD hilang kemudian muncul lagi di Jawa Timur dan Jawa Tengah yang kasusnya luar biasa. Kami masih terus berusaha semaksimal mungkin agar LSD ini tidak sampai seperti PMK," jelasnya.

Hingga kini, penyakit LSD sudah menyebar di 10 Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung yaitu Lampung Utara, Tulang Bawang, Lampung Selatan, Mesuji, Tulang Bawang Barat, Lampung Timur, Lampung Tengah, Way Kanan, Lampung Barat dan Kota Metro. (puj/haa)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral