Kue Jalat khas Ogan Ilir..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Berkat

Kue Jalat: Jajanan Khas Ogan Ilir yang Namanya Mengundang Rasa Penasaran tapi Menggugah Selera

Sabtu, 10 Juni 2023 - 14:11 WIB

Ogan Ilir, tvOnenews.com - Bagi sebagian besar warga Sumatra Selatan, kata "Jalat" seringkali dikaitkan dengan konotasi buruk atau kotor. Namun, Kue Jalat yang terkenal di Kabupaten Ogan Ilir justru memiliki makna yang berbeda.

Kue Jalat merupakan salah satu jajanan khas yang populer di Kecamatan Payaraman, Kabupaten Ogan Ilir. Kue ini juga banyak dijumpai di kedai makanan dan oleh-oleh khususnya di Ogan Ilir, Sumatera Selatan.

Proses pembuatan Kue Jalat dimulai dengan merebus singkong, kemudian menghaluskannya melalui proses pengisaran.

Setelah diisar dan dihaluskan menjadi tepung, adonan singkong halus tersebut diberi pewarna makanan, serta dicampur dengan kelapa parut dan gula pasir. Selanjutnya, adonan tersebut dibentuk bulat dan dipipihkan.

Tak hanya sampai di situ, Kue Jalat Khas Kabupaten Ogan Ilir ini kemudian dibalut dengan terigu cair dan digoreng menggunakan minyak panas.

Selama proses penggorengan, tingkat kematangan harus diperhatikan secara seksama agar kue tidak hangus. Kue Jalat harus diangkat saat telah berwarna kecokelatan.

Kue Jalat sangat nikmat saat dinikmati dalam keadaan hangat, terutama pada pagi dan sore hari yang disertai dengan segelas kopi hangat.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:10
17:29
03:50
01:56
06:42
02:19
Viral