Titik pipa yang dicuri & barang bukti truk diamankan..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Boris

Pertamina Ungkap Aksi Illegal Tapping Minyak Mentah saat Patroli Jalur Pipa di Pali: Pelaku Kabur dan Mobil Truk Diamankan

Kamis, 27 Juli 2023 - 07:20 WIB

Pali, tvonenews.com - Aksi pencurian minyak mentah ( Illegal Tapping ) milik PT. Pertamina Field Pendopo terjadi di Dusun II, Desa Pengabuan, Kecamatan Abab, Kabupaten Pali, Sumatera Selatan. Pelaku berhasil kabur, namun minyak hasil curian beserta mobil truck yang digunakan berhasil ditemukan petugas.

Praktik illegal tapping dilakukan secara sembunyi-sembunyi dengan menggunakan peralatan kelas rendah, ditemukan oleh petugas keamanan perusahaan di Dusun II, Desa Pengabuan pada Rabu (26/07/2023) pagi.

Jefry Anderson, Non Fik Security Pertamina Field Pendopo, mengatakan bahwa terungkapnya aksi illegal tapping diawali dengan laporan dari petugas keamanan yang sedang berpatroli. Namun saat petugas tiba di lokasi, pelaku sudah kabur. Meski dilakukan penyisiran ke sejumlah wilayah yang diperkirakan menjadi jalur pelarian pelaku, namun hasilnya nihil.

"Kejadian ini pertama kali dilaporkan oleh anggota kita yang sedang patroli di jalur pipa Pendopo menuju Adera sekitar pukul 04.00 WIB. Mereka mencurigai adanya mobil truck di dalam lokasi kebun warga. Ketika dilakukan pemeriksaan, pelaku melarikan diri, meninggalkan truck. Hasil pemeriksaan menunjukkan ditemukannya minyak, dan saat dilakukan penyelidikan lebih lanjut, ditemukan selang yang terhubung dengan pipa, yang mengindikasikan bahwa mobil truk tersebut digunakan untuk illegal tapping," ungkapnya.

Jefry juga menjelaskan bahwa atas kejadian illegal tapping ini, pihaknya telah melakukan evakuasi di lokasi tersebut. Meskipun belum diketahui secara pasti kerugian yang dialami akibat kejadian ini, namun saat ini pihaknya akan melaporkan hal tersebut kepada pihak Kepolisian.

"Saat ini kami bersama Polisi sedang melakukan evakuasi barang bukti yang ditemukan, yaitu mobil truck yang berisi minyak mentah dan peralatan yang digunakan oleh pelaku. Pipa dengan ukuran 8 Inci yang disadap ini setelah koordinasi ternyata milik PT. Pertamina Field Pendopo, yang digunakan sebagai jalur pengiriman minyak mentah dari boster talang akar ke P3 Pengabuan. Kami telah melaporkan hal ini kepada pihak manajemen, Zona Prabumulih, dan selanjutnya kami akan membuat laporan resmi ke Polres Pali," jelas Jefry. (bls/fna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
04:41
02:33
02:15
05:26
01:05
Viral