Gulai jantung pisang masakan tradisonal warga Muba.
Sumber :
  • Tim TvOne/Puja Kusuma

Gulai Jantung Pisang Khas Masakan Tradisonal Warga Muba

Jumat, 4 Agustus 2023 - 14:45 WIB

Musi Banyuasin, tvOnenews.com - Masakan gulai spesial berbahan dasar jantung pisang kepok, masakan ini sudah ada dari jaman nenek moyang dahulu. Gulai jantung pisang kepok ini, rasanya tak kalah nikmatnya dengan masakan lainya. Hampir seluruh Nusantara warga mengenal dengan masakan ini, sebab masakan gulai jantung pisang ini konon bisa menyembuhkan beberapa penyakit seperti asma, diabet dan lain-lain.

Nah untuk membuat masakan yang satu ini, cukup mudah sekali, siapkan jantung pisang muda dari pisang kepok, ambil dalamnya yang muda kemudian bersihkan dan iris kecil-kecil. Rendam Dengan air panas beberapa menit, kemudian cuci hingga bersih.

Siapkan bumbu spesialnya seperti cabe rawit, bawang merah dan bawang putih, kunyit, lengkuas, gula putih, garam serta penyedap rasa, kemudian tambahkan bumbu spesial serta santan kelapa.

Setelah bumbu dihaluskan kemudian masukan kedalam kuwali, oseng setengah matang, lalu masukan jantung pisang kemudian tambahkan santan dan tunggu hingga matang. Gulai jantung pisang siap disajikan untuk menu makan bersama keluarga.

Menurut Anindia Maharani warga Soak Baru Sekayu, Musi Bnayuasin masakan gulai jantung pisang ini adalah makanan yang di gemari di keluarganya.

"Masakan gulai jantung pisang ini saya sangat suka, bahkan keluarga saya juga sangat suka sekali, apalagi dimasak gulai santan dan ditaburi rebon udang kering, wah rasanya mengigit nambah terus makanya", pungkas Anindia Maharani warga Soak Baru Sekayu.

Ayo coba masakan tradisonal yang biasa dilakukan oleh warga yang berada dikampung atau di dusun khususnya di Sumatra Selatan bahkan di wilayah Musi Banyuasin. Masakan jantung pisang ini menjadi favorit dan menjadi kebanggaan masyarakat Muba.(pka/haa)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral