Kapal nelayan beraktivitas di Teluk Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, di tengah tingginya gelombang laut, Ahad (3/9/2023). (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar).
Sumber :
  • Antara

BMKG: Pantai Barat Aceh Diprakirakan Cerah Berawan Sepanjang Minggu

Minggu, 10 September 2023 - 05:49 WIB

Meulaboh, tvOnenews.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di sejumlah kabupaten/kota di wilayah Pantai Barat Selatan Aceh akan cerah berawan mulai pagi hingga siang hari setelah beberapa hari sebelumnya kawasan itu dilanda hujan lebat disertai angin kencang dan sambaran petir.

“Untuk prakiraan Minggu (10/9/2023), diperkirakan hujan baru akan terjadi pada Minggu malam,” kata Prakirawati Stasiun BMKG Meulaboh-Nagan Raya, Almira Aprilianti, di Meulaboh, Sabtu malam (9/9/2023).

Ia mengatakan cuaca cerah berawan diprakirakan akan berlangsung selama dua hari ke depan.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada masyarakat di wilayah Pantai Barat Selatan Aceh mewaspadai potensi hujan tinggi disertai petir sejak Kamis hingga Sabtu (7-9/9/2023).

Tingginya curah hujan disertai angin kencang tersebut terjadi karena adanya penumpukan massa udara di sekitar daerah Aceh sehingga meningkatkan potensi tumbuhnya awan-awan konvektif penyebab terjadi hujan.

Almira mengatakan saat ini beberapa di wilayah Indonesia sudah mulai memasuki periode peralihan dari musim kemarau ke musim hujan, termasuk di antaranya wilayah Provinsi Aceh.

Dampak dari potensi hujan tinggi tersebut diprakirakan dapat berpotensi terjadinya gelombang tinggi di laut dan bertambahnya debit air, baik itu seperti pada aliran sungai dan sebagainya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:41
02:06
03:18
01:35
00:48
13:32
Viral