Banjir di Kecamatan Barumun, Palas..
Sumber :
  • Irvan

Dua Sungai Meluap di Padang Lawas, Ratusan Rumah Digenangi Banjir

Minggu, 31 Desember 2023 - 15:53 WIB

Padang Lawas, tvOnenews.com - Tingginya curah hujan di seluruh daerah di Kabupaten Padang Lawas dalam beberapa hari ini mengakibatkan dua sungai di Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas, yaitu Sungai Gelanggang dan Sungai Batang Tarik meluap. Akibatnya ratusan rumah digenangi air pada Minggu pagi (31/12/2023).

Ketinggian air mencapai kurang lebih satu meter di beberapa lokasi pemukiman warga di bantaran sungai. Banjir juga menggenangi jalan lintas antar Kecamatan Barumun menuju Kecamatan Sosopan.

Menurut Sahril Hasibuan warga setempat, banjir terjadi setelah hujan lebat terjadi Sabtu malam (30/12/2023) hingga Minggu pagi (31/12/2023). Ia juga mengungkapkan banjir ini adalah banjir susulan namun lebih besar dari banjir hari Sabtu pagi.

“Hujan lebat terjadi pada Sabtu malam hingga Minggu pagi mengakibatkan dua sungai meluap sehingga pada Minggu pagi terjadi banjir besar. Ini banjir susulan ini banjir besar dari banjir hari Sabtu lalu," ujar Sahril.

Sementara itu pihak BPBD Kabupaten Padang Lawas yang turun ke lokasi banjir menurunkan perahu karet untuk mengevakuasi warga yang terkena dampak banjir dengan prioritas anak dan manula.

Sekertaris BPBD Padang Lawas, Ikhsan Soleh Lubis mengungkapkan, saat ini mereka sudah membuat lokasi pengungsian sementara di sejumlah masjid yang tidak terkena dampak banjir.

“Kami dari BPBD Padang Lawas sudah melakukan tindakan di lokasi desa yang terkena dampak banjir. Proses evakuasi di Lamunan terhadap anak dan manula, untuk sementara lokasi pengungsian ditempatkan di masjid yang tidak terkena dampak banjir,” ungkap Ikhsan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral