Ilustrasi - Makanan asli atau real food yang diolah secara sederhana dapat menjaga metabolisme tubuh..
Sumber :
  • Antara

Jaga Metabolisme Tubuh Selama Puasa dengan Konsumsi Makanan Asli

Selasa, 12 Maret 2024 - 14:05 WIB

Bandar Lampung, tvOnenews.com - Mengonsumsi makanan asli selama berpuasa merupakan salah satu cara menjaga metabolisme tubuh tetap baik. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Lampung dr Josi Harnos

"Makanan asli atau yang juga dikenal dengan real food itu sangat membantu menjaga metabolisme tubuh agar tetap terjaga selama berpuasa," ujarnya, Selasa (12/3/2024).

Ia mengatakan dengan mengonsumsi makanan asli selama puasa akan mempermudah tubuh dalam menyerap nutrisi dan mengolahnya menjadi energi.

"Makanan yang sederhana itu yang mudah diolah oleh tubuh menjadi energi. Jadi selama puasa ini perbanyak makan makanan asli untuk menjaga kesehatan," katanya.

Dia melanjutkan selama berpuasa masyarakat pun diharapkan dapat mengurangi konsumsi makanan ultra proses ataupun makanan cepat saji.

"Kalau bisa jangan makan makanan cepat saji, kembali ke real food. Orang zaman dahulu tetap sehat karena yang dikonsumsi adalah makanan asli, bukan makanan olahan atau ultra proses. Jadi selama puasa ini pilih makanan yang diolah dengan mudah oleh tubuh, bukan yang pabrikan," ucap dia.

Menurut dia, selama berpuasa pun harus dilakukan pengaturan pola makan, jangan terlalu berlebihan mengonsumsi makanan saat berbuka puasa guna menjaga keseimbangan tubuh.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral