Warga desa saat bergotong royong memperbaiki jalan agar dapat dilalui.
Sumber :
  • Tim Tvone/ Ahmad Yudiansyah

13 Tahun Tidak Tersentuh Pembangunan, Warga Gotong Royong Perbaiki Jalan

Kamis, 3 Februari 2022 - 20:10 WIB

Lahat, Sumatera Selatan - Akses jalan kabupaten yang menghubungkan Desa Cempaka Sakti, Sukoharjo, Kencana Sari, Purwaraja dan Desa Suka Makmur menuju Kota Lahat maupun sebaliknya, mengalami rusak parah. Jalan yang merupakan akses utama warga di lima desa tersebut bahkan nyaris tidak bisa dilalui akibat tergenang lumpur.

Kisah pilu pun terucap dari salah seorang Bidan Desa Palembaja, Teti Martini. Ia pernah mengantarkan dan merujuk salah seorang warga yang mengalami pendarahan ke RSUD Lahat, dan harus melewati jalan tersebut yang berlubang dan tergenang lumpur.

"Pernah suatu ketika ada pasien pendarahan dan harus dirujuk. Kami selaku tenaga medis dituntut cepat untuk mengantarkan pasien tersebut, dengan kondisi jalan yang rusak parah. Untungnya pasien tersebut selamat," ungkap Teti, Kamis (3/02/2022).

Berkaca dari peristiwa itu, warga dari lima desa berinisiatif untuk membentuk Forum Palembaja yang khusus menangani perbaikan sementara akses jalan bekas transmigrasi tersebut, demi kelancaran transportasi antar desa. Ketua Forum Palembaja Suwandi, mengatakan bahwa kondisi jalan tersebut semakin parah, bahkan sudah bertahun-tahun tidak tersentuh pembangunan. Berbagai upaya pun sudah dilakukan, salah satunya audiensi dengan pejabat daerah baik tingkat kabupaten maupun provinsi untuk meminta agar perbaikan jalan dapat segera direalisasikan.

"Hari ini kita lakukan swadaya gotong royong dengan dana dari masyarakat di lima desa tersebut di mana setiap desa mengirimkan batu koral. Setiap desa membantu 10 dump truck batu koral namun tidak cukup sampai di sini saja," kata Suwandi.

"Kami meminta untuk pihak terkait segera turun ke lapangan untuk meninjau akses jalan ini agar meringankan beban masyarakat karena kondisi jalan ini sudah sangat parah," pungkasnya. (Ahmad Yudiansyah/Wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:03
01:19
10:33
08:48
02:40
03:11
Viral