BNPB kaji relokasi warga sekitar kaki Gunung Talamau Pasaman Barat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO

BNPB Kaji Relokasi Warga Kaki Gunung Talamau Pasaman Barat

Minggu, 27 Februari 2022 - 08:21 WIB

Simpang Empat - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan mengkaji relokasi atau memindahkan warga yang berdomisili di sekitar Gunung Talamau yang diduga mengalami longsor akibat gempa yang terjadi, Jumat (25/2).

"Memang dikabarkan di sejumlah titik dekat kaki Gunung Talamau mengalami longsor. Tentu akan kita diskusikan dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, (BMKG) terkait bahaya yang ditimbulkan," kata Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto di Simpang Empat, Sabtu.

Ia mengatakan, jika memang membahayakan warga sekitar maka perlu dipikirkan untuk relokasi. "Tentu warga merasa khawatir dengan bahaya longsor di kaki Gunung Talamau itu. Saat ini warga itu sudah mengosongkan rumah pindah mencari tempat aman.

Memang, katanya gempa bumi tidak ada yang memastikan kapan terjadi namun kemungkinan berdasarkan siklusnya bisa diperkirakan kapan terjadi.

"Jika membahayakan tentu perlu relokasi karena jika dibiarkan tentu akan mengancam warga yang berdomisili di sekitar kaki Gunung Talamau itu baik sekarang maupun beberapa tahun nanti," katanya.

Sementara Bupati Pasaman Barat Hamsuardi mengatakan, perlu kajian yang pasti terkait bahaya longsor kaki Gunung Talamau.

"Kalau memang hasil kajian lembaga yang berwenang sangat membahayakan dan harus direlokasi maka kita siap melakukannya," katanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:20
03:25
01:02
04:56
07:36
01:53
Viral