Sebagian Warga Aceh Barat Masih Berpuasa Hari Ini.
Sumber :
  • tvOne

Tidak Melihat Hilal, Sebagian Warga Aceh Barat Masih Berpuasa Hari Ini

Senin, 2 Mei 2022 - 13:37 WIB

Aceh Barat, Aceh - Sebagian masyarakat yang ada di Kabupaten Aceh Barat, Aceh, hari ini masih menjalankan puasa. Hal ini dilakukan karena di beberapa daerah di Provinsi Aceh belum terlihat hilal.

Tokoh masyarakat setempat, Safrizal, menjelaskan bahwa pihaknya ikut dalam pemantauan yang dilakukan di Gedung Hilal Aceh Barat, di Desa Geudeubang, Kecamatan Samatiga. Karena belum terlihat hilal maka diputuskan untuk tidak berlebaran pada hari ini.

"Karena hilal belum terlibat, kemarin sore (1/5/2022) kita sudah sama-sama menyaksikan dan memantaunya, dibeberapa daerah tidak ada hilal yang terlihat, diputuskan untuk tidak berlebaran hari ini, jadi masih berpuasa," kata Safrizal, Senin (2/5/2022).

Safrizal juga menambahkan bahwa pihaknya masih patuh terhadap keputusan pemangku agama di daerahnya, yang menetapkan puasa masih berlanjut hari ini. Hal inilah yang menjadi pertimbangan untuk tidak ikut dalam berhari raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Kita kan patuh terhadap guru (guru agama), berarti kita tetap berpuasa hari ini," pungkasnya.

Selain Desa Langgung, Desa Padang Seurahet, Kecamatan Johan Pahlawan, masih juga menggelar shalat tarawih di Masjid dan tidak berlebaran pada 2 Mei, sesuai dengan ketetapan pemerintah.

Bupati Aceh Barat, Ramli MS, menyikapi ada sebagian warga nya masih berpuasa adalah hal biasa yang penting tetap menjaga dan saling menghormati.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:52
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
Viral